KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Kembangkan Ekonomi Kerakyatan, IKM Diandalkan

KutaiKartanegara.com 17/05/03
Pembangunan dan pengembangan sektor industri di Kutai Kartanegara (Kukar) dilaksanakan secara terencana, terarah dan terpadu agar bisa dicapai hasil maksimal. Salah satu andalan yang terus dikembangkan yakni usaha industri kecil dan menengah (IKM) yang merupakan bagian dari kegiatan ekonomi rakyat yang melibatkan masyarakat lapisan bawah sampai ke pelosok.

Kegiatan IKM, menurut Kepala Dinas Perindustrian Kukar Drs H Herry Soesanto M MM bisa menjadi motor penggerak ekonomi kerakyatan, yang menjadi bagian tak terpisahkan dari kegiatan ekonomi nasional. "Sampai tahun 2002, industri kecil dan menengah di Kutai Kartanegara telah mengalami perkembangan yang cukup menggembirakan, serta memberi kontribusi besar dalam penyediaan lapangan kerja dan lapangan usaha," ungkapnya.

Jenis-jenis IKM yang menonjol di Kukar disebutkan Herry seperti penggergajian kayu, moulding, meubel kayu, percetakan (fotocopy), pengeringan/pengasinan ikan, penjahitan/konveksi, pengolahan lada, jasa reparasi/perbengkelan dan pengolahan makanan.

Sejauh ini, sebagian besar IKM menghasilkan produk yang masih terbatas pada pasar lokal, hingga pasar dalam negeri atau antar pulau. Produk IKM yang telah mampu menembus pasar ekspor masih terbatas pada kayu olahan, moulding dan beberapa jenis lainnya yang diekspor melalui eksporter luar daerah.

"Kami punya obsesi untuk terus memperluas persebaran IKM terutama di wilayah-wilayah pedesaan melalui pendayagunaan secara tepat potensi dan sumberdaya setempat. Selain itu juga mengupayakan terciptanya IKM yang lebih maju dengan produk yang mampu bersaing di pasaran," harapnya.

Meskipun dalam pelaksanaan program IKM kerapkali dihadapkan pada kendala dan permasalahan, lanjut Herry, telah banyak hasil-hasil positif yang tercapai. Hal itu terwujud selain karena pelaksanaan program dan pembinaan yang terarah, juga karena makin meningkatnya kemampuan serta kreativitas masyarakat serta makin terbukanya pasar bagi produk-produk IKM. (oi)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.