KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Siswa SD di Muara Badak Dapatkan Imunisasi Campak

Salah seorang anggota tim medis dari Puskemas Muara Badak dengan sabar memberikan suntikan campak kepada siswi kelas 1 SDN 017 Badak Ulu yang tampak meringis menahan sakit
Photo: VICO Indonesia / Bastian

KutaiKartanegara.com 16/12/03 23:25 WITA
Dinas Kesehatan Kecamatan Muara Badak bekerjasama dengan VICO Indonesia tadi pagi melaksanakan imunisasi campak bagi siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 017 Badak Baru. Kegiatan ini merupakan bagian dari program nasional BIAS atau Bulan Imunisasi Anak Sekolah yang berlangsung sejak tanggal 6 hingga 26 Desember 2003.

Pimpinan Puskesmas Kecamatan Muara Badak dr W Nuraida mengatakan, kegiatan BIAS di Muara Badak terselenggara berkat kerjasama dan bantuan dari VICO Indonesia melalui Departemen External Relations & Community Development dan Departemen Field Health yang telah menyumbangkan alat suntik bagi program imunisasi ini.

Dalam kegiatan BIAS di SDN 017 Badak Baru tadi pagi, dr W Nuraida bahkan turun tangan langsung melakukan penyuntikan terhadap para murid kelas 1 SD ini bersama dr Ade Febrina dan dibantu juru imunisasi kecamatan. Saat pelaksanaan imunisasi, bebagai ekspresi muncul dari para murid yang akan disuntik. Ada yang tertawa, ada pula yang meringis dan tak sedkit pula yang merasa takut saat melihat jarum suntik menusuk lengan temannya. Namun berkat partisipasi aktif dari dewan guru dan tim medis sehingga para siswa tersebut dapat diimunisasi.


Kepala SDN 017 Slamet Riyadi bahkan turut memberikan dukungan moril kepada siswanya saat memperoleh suntikan campak dari dr Ade Febrina
Photo: VICO Indonesia / Bastian

Menurut dr W Nuraida, tercatat ada 22 SD dari 8 desa di Kecamatan Muara Badak yang akan menjadi sasaran pelaksanaan imunisasi bagi siswa kelas 1 SD ini. Dikatakannya, BIAS akan berakhir pada tanggal 26 Desember mendatang di SDN 011 Salo Cella yang merupakan daerah terpencil yang terletak di perbatasan Muara Badak dan Marangkayu.

Mengingat jarak antar desa di Kecamatan Muara Badak cukup jauh dan kondisi medan yang cukup sulit sehingga dalam melaksanakan program ke beberapa desa sering terkendala, dr W Nuraida atau yang lebih akrab dengan panggilan dr Ida ini mengaku dalam melaksanakan tugasnya sering minta bantuan transportasi ke VICO Indonesia karena Puskesmas tidak memiliki mobil dinas untuk menjangkau daerah terpencil.

"Untuk kegiatan BIAS ini transportasi kami dibantu oleh PT Rekayasa Industri," ujar dokter yang sebelumnya bertugas di Teluk Dalam Kecamatan Tenggarong Seberang ini. Dokter Ida kemudian berharap agar Pemkab Kukar atau instansi terkait dapat membantu merealisasikan sarana transportasi bagi Puskesmas Muara Badak.


Setelah diberikan pengertian oleh para guru dan tim medis bahwa suntikan tersebut tidak terlalu sakit, seluruh siswa kelas 1 SDN 017 ini akhirnya memberanikan diri untuk mendapatkan suntikan imunisasi campak
Photo: VICO Indonesia / Bastian

Sementara itu, Manager Field Health VICO Indonesia dr Iwan G Tanihatu mengatakan, pada dasarnya VICO Indonesia akan selalu berusaha membantu program pemerintah seperti Gerbang Dayaku dalam bidang kesehatan terutama untuk bidang pencegahan penyakit.

"Hal ini menunjukkan bahwa VICO Indonesia juga berusaha untuk menciptakan masyarakat yang sehat sesuai dengan komitmen pemerintah yakni Kesehatan Bagi Semua 2010. VICO Indonesia juga menyadari sepenuhnya bahwa kesehatan bukanlah segala-galanya, tapi tanpa kesehatan segalanya tidaklah berarti," ujar dr Iwan G Tanihatu.

Ditambahkannya, selain membantu kegiatan imunisasi bagi siswa SD di Muara Badak, kiprah VICO Indonesia di bidang kesehatan sebelumnya juga telah dibuktikan dengan pembagian bubuk abate gratis untuk mengantisipasi demam berdarah, kemudian bulan September lalu dengan melakukan kegiatan penyuntikan TTWUS (Tetanus Toxoid Wanita Usia Subur) bagi wanita usia 15-45 tahun yang dilaksanakan di SMU dan Posyandu yang ada di Badak. (win)


Suasana kegiatan imunisasi campak bagi siswa SDN 017 Badak Ulu yang berlangsung tadi pagi
Photo: VICO Indonesia / Bastian

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.