KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Kunjungi Kedaton Koetai Kartanegara, Wapres Disuguhi Tari Topeng Kemindu

Kedaton Koetai Kartanegara yang akan dikunjungi Wapres, sementara pada malamnya akan diselenggarakan acara ramah tamah
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 16/04/03
Kunjungan sehari Wakil Presiden RI, Dr H Hamzah Haz dan Ibu serta rombongan ke ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara, Tenggarong hari ini selain akan membuka Seminar Nasional APKASI dan Kongres PMII serta meresmikan berbagai proyek wisata dan rekreasi juga akan bersilaturahmi dengan Sultan Kutai Kartanegara ing Martadipura H Adji Mohd Salehoeddin II di Kedaton Koetai Kartanegara.

Rencananya Wapres akan disuguhi pagelaran seni tari adat Keraton Kutai Kartanegara yang akan dibawakan langsung oleh kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Salah satunya adalah sajian Tari Topeng Kemindu yang dibawakan langsung oleh cucu Sultan Kutai, Aji Emelda Firdina yang juga adalah putri dari Aji Pangeran Adipati Surya Adiningrat (putra mahkota Kesultanan Kutai Kartanegara).


Aji Emelda Firdina
Photo: Koleksi Pribadi

Pagelaran seni tari Keraton Kukar ini diselenggarakan oleh Yayasan Sanggar Seni Budaya Kutai Kartanegara yang diketuai oleh Haji Aji Raden Hario Kesumo Poeger.

Menurut HAR Hario Kesumo Poeger, Tari Topeng Kemindu adalah tarian yang mengungkapkan keceriaan putri-putri Kesultanan Kukar di dalam keraton. Tari ini termasuk langka karena hanya sedikit orang di lingkungan kerabat kesultanan yang dapat menarikan tarian ini dengan baik dan benar. 

"Tarian ini tetap akan kami lestarikan dengan menampilkan pada setiap event, khususnya dalam menyambut kedatangan Wapres di Tenggarong." kata HAR Hario Kesumo Poeger. 

Sementara itu pada malam harinya di tempat yang sama, akan digelar acara ramah tamah peserta Seminar Nasional APKASI dan MPI Reformasi yang terdiri dari 30 Bupati se- Indonesia. Pihak Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura akan menyuguhi salah satu tari Keraton Kutai yang berjudul Kanjar Ganjur. Tarian Kanjar Ganjur ini merupakan tari pergaulan yang biasa dilakukan pada saat menerima tamu penting di Keraton. Penarinya terdiri dari putra-putri kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara beserta para tamu yang ingin menari. (win/joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.