KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Lembaga Adat Kesultanan Dukung Perkembangan Musisi Muda Kutai Kartanegara

KutaiKartanegara.com 15/12/02
Lembaga Adat Kesultanan Kutai Kartanegara ternyata tidak hanya berperan dalam pelestarian seni budaya dan adat keraton, namun juga memiliki kepedulian terhadap perkembangan dunia musik di Kutai Kartanegara. Hal ini terbukti dengan digelarnya Silaturahmi dan Temu Karya Musisi Muda Kutai Kartanegara semalam (14/12) oleh lembaga adat tersebut.

Sekretaris Lembaga Adat Kesultanan Kutai Kartanegara, Aji Raden Aryo Jaya Winata dalam sambutannya mengatakan bahwa Lembaga Adat Kesultanan Kutai Kartanegara sebagai lembaga budaya yang ada di daerah ini sangat mendukung kemajuan musisi di Kutai Kartanegara, khususnya perkembangan para musisi muda. Dalam kesempatan tersebut, AR Aryo Jaya Winata berharap agar para musisi muda Kukar dapat mengikuti jejak seniman daerah yang  telah sukses dalam blantika musik Indonesia sembari menyebutkan nama-nama putra daerah seperti Ridho (Slank), Eet Syahranie (Edane) serta Icha (Jikustik) yang juga masih keponakannya sendiri.

Lembaga Pembinaan Kebudayaan Kutai (LPKK) Tenggarong yang diwakili Erwin Joenaidi menyatakan bahwa sebagai lembaga yang dibentuk pemerintah daerah untuk membina, mengembangkan dan melestarikan budaya di Kutai, LPKK membuka diri kepada generasi muda untuk mengembangkan seni baik yang sifatnya tradisional maupun kontemporer.

Acara silaturahmi musisi muda Kutai Kartanegara ini dihadiri oleh puluhan anak band asal Kota Raja Tenggarong, para seniman LPKK, musisi senior Tenggarong, serta tokoh-tokoh Lembaga Adat Kesultanan Kutai Kartanegara. Icha Jikustik yang rencananya hadir pada silaturahmi semalam ternyata berhalangan hadir karena sakit.

Acara yang digelar di halaman sekretariat Lembaga Adat Kesultanan Kutai Kartanegara ini juga disemarakkan dengan unjuk kebolehan para musisi muda dan senior Kutai dalam memainkan musik. Tampil pada kesempatan pertama adalah band Katara yang siap terjun ke dunia rekaman dengan membawakan lagu ciptaan mereka sendiri berjudul "Tanpamu". Lagu tersebut dibawakan dengan baik oleh Dian, vokalis yang juga tergabung dalam grup band Wina (Yogyakarta) yang baru-baru ini tampil dalam album kompilasi A Mild Live Jogja Indie. Grup lainnya yang turut unjuk kebolehan diantaranya adalah Bilik Group, GRC Band dan Pandan Ria Junior.

Selain itu, acara silaturahmi ini juga diwarnai dengan berbagai gagasan para musisi dalam memajukan musik di Kutai Kartanegara.  Salah seorang musisi yang masih menimba ilmu di Malang yakni Ali Razali meminta kepada LPKK agar dapat memfasilitasi kegiatan musik secara reguler bagi para musisi di Kukar. Ali juga berpesan kepada para musisi muda agar tampil secara profesional dan tidak setengah-setengah dalam menentukan arah musiknya, apakah untuk sebuah album rekaman atau sebagai entertainer. Senada dengan Ali, musisi senior Suyadi mengharapkan setidaknya para musisi muda diberi kesempatan turut unjuk kebolehan dalam setiap kesempatan, misalnya pada setiap pelaksanaan Festival Erau. 

Menyinggung masalah rekaman bagi musisi Kukar, musisi senior lainnya yakni H Syaiful Anwar IB mengatakan pihaknya akan menunggu karya cipta musisi muda Kukar untuk direkam dalam sebuah album kompilasi. H Syaiful menambahkan bahwa musisi Kukar dapat menggunakan fasilitas studio rekaman miliknya secara gratis.

Seniman Budi Warga yang juga hadir pada malam itu memuji musisi muda yang telah membawakan lagu ciptaan sendiri. Budi juga mengajak musisi muda Kukar untuk mulai berkarya mencipta lagu dan meninggalkan kebiasaan sebagai plagiator yang hanya biasa memainkan musik karya musisi populer. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.