KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

BPD Kaltim Cabang Tenggarong Salurkan Kredit Tanpa Bunga


Ratusan warga desa saat menunggu namanya dipanggil di loket Bank BPD Kaltim Cabang Tenggarong untuk menerima kredit murah tanpa bunga dan agunan
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 15/10/03 20:46 WITA
Sejak dua pekan terakhir ini Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim Cabang Tenggarong telah menyalurkan kredit murah tanpa bunga dan agunan kepada masyarakat desa se Kutai Kartanegara.

Kredit yang dananya berasal dari program bantuan desa sebesar Rp 2 milyar per desa untuk tahun anggaran 2003 ini ditujukan bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat pedesaan sesuai dengan grand program yang dicanangkan Pemkab Kukar yaitu Gerbang Dayaku (GD).

Direktur BPD Kaltim Cabang Tenggarong, Drs Masykur ketika ditemui di ruang kerjanya siang tadi mengakui bahwa kredit Gerbang Dayaku yang disalurkan setiap harinya tidak kurang 300 hingga 500 orang. Ditambahkan bagi penerima kredit ini, pihaknya tidak mengenakan bunga maupun agunan.

"Semua itu ditanggung Pemkab Kukar karena kredit ini merupakan bagian dari program yang dicanangkan Pemkab yaitu Gerbang Dayaku. Dengan demikian yang menjamin bunga dan agunan adalah pihak Pemkab Kukar," ujar Masykur.

Menurutnya jumlah kredit yang diterima bervariasi antara Rp 2 juta hingga Rp 5 juta, namun kebanyakan yang disalurkan adalah sebesar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta.

Besarnya jumlah kredit masing-masing penerima ini menurut Masykur sesuai dengan kelayakan usaha penerima kredit, seperti ada yang memelihara ternak ayam kampung, warung sembako dan makanan atau sebagai modal kerja bagi petani. Menurut Masykur, umumnya yang menerima kredit ini adalah masyarakat yang ada di desa seluruh Kabupaten Kukar.

Ditanya cara pembayaran kredit yang telah disalurkan, Masykur mengatakan bahwa bagi penerima kredit yang berada di kecamatan yang jauh dari Tenggarong diarahkan pada unit BPD Kaltim di Kecamatan terdekat. Misalnya untuk Kecamatan Tabang, Kembang Janggut dan Kenohan dapat menyetorkan kreditnya di unit BPD yang ada di Kecamatan Kota Bangun. Sedangkan untuk wilayah Pantai bisa disetor ke unit BPD di Samboja atau Muara Jawa.

Sementara itu, Wagiman, salah seorang penerima kredit yang juga menjabat sebagai Kepala Dusun di Desa Kertabuana (Kecamatan Tenggarong Seberang) menyebutkan, untuk tahun anggaran 2003 ini warga di desanya yang mendapatkan kredit GD berjumlah 224 orang. Dikatakannya, kredit GD ini diberikan secara bergulir, artinya bagi yang mendapat kredit tahun ini adalah mereka yang tahun lalu tidak menerimanya.

Sedang salah seorang yang menerima kredit Gerbang Dayaku, I Wayan Sarka, warga desa Kertabuana yang selama ini mengusahakan ternak ayam buras mengakui, sebenarnya ia menghendaki jumlah kredit yang diberikan sebesar Rp 5 juta, namun bank hanya memberikan Rp 2 juta. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.