KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

350 Mahasiswa Unmul Diterjunkan ke Pelosok Kukar

Wabup Kukar Drs H Samsuri Aspar MM ketika memberikan ucapan selamat kepada peserta KKN Unmul angkatan 29 yang akan diterjunkan ke desa-desa di Kukar
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 15/07/03 01:03 WITA
Tidak kurang dari 350 orang mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda angkatan ke-29 sejak Senin (14/07) kemarin diterjunkan ke 54 wilayah pedesaan dan kelurahan yang ada di 15 dari 18 Kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Mereka akan ditempatkan selama sebulan penuh di masing-masing desa dan kelurahan dengan tugas utama membantu masyarakat desa/kelurahan di Kukar di segala bidang kehidupan dalam membangun dan memberdayakan wilayah.

Wakil Bupati Kukar Drs H Samsuri Aspar MM ketika melepas peserta KKN Unmul kemarin di Tenggarong mengharapkan kepada peserta KKN Unmul tidak menggurui apalagi menjanjikan sesuatu yang muluk-muluk kepada masyarakat namun lebih memberikan motivasi dan upaya-upaya terobosan yang dihadapi masyarakat desa.

"Upayakan agar masyarakat yakin bahwa kalian peduli terhadap kemajuan masyarakat desa," pesan Samsuri dihadapan para mahasiswa Unmul tersebut.

Samsuri juga menambahkan, sebagai calon profesional peserta KKN selain harus mampu memelihara nama baik almamater juga dapat menjaga kepercayaan Pemkab Kukar yang menempatkan peserta KKN di desa-desa.

"Jangan sekali-kali membuat permasalahan di dalam masyarakat, misalnya memprovokasi dan memecah belah mereka, berikan solusi yang tepat kepada masyarakat bila mereka menghadapi permasalahan. Dan kalau memang tidak dapat dipecahkan gunakan jalur hukum yang ada," kata Samsuri.

Samsuri Aspar juga mengakui keberadaan peserta KKN Unmul di desa-desa sangat diperlukan dalam membantu Pemkab Kukar melaksanakan program Gerbang Dayaku. Banyak hal yang dapat dilakukan mahasiswa KKN Unmul dalam mensukseskan program tersebut, diantaranya membantu Kepala Desa atau Badan Perwakilan Desa membenahi adiminstrasi desa.

"Yang jelas program Gerbang Dayaku yang dicanangkan Pemkab Kukar sangat memerlukan pemilikiran inovatif dari berbagai pihak termasuk mahasiswa KKN Unmul. Dengan tujuan agar program ini dapat segera dirasakan oleh masyarakat dalam mensejahterakan kehidupannya," demikian kata Samsuri Aspar.

Setiap desa/kelurahan yang menjadi sasaran peserta KKN Unmul di Kukar ditempatkan 5 hingga 10 orang. KKN merupakan salah satu wujud implementasi tridarma perguruan tinggi yang harus dilakukan setiap mahasiswa terutama bagi mahasiswa yang akan mengakhiri kuliahnya di perguruan tinggi. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.