KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

P4B di Kukar Capai 95%

KutaiKartanegara.com 15/05/03
Setelah sebulan lebih pendaftaran pemilih dan pendataan penduduk berkelanjutan (P4B) dilakukan, mulai terlihat gambaran hasilnya. Menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kutai Kartanegara (Kukar) Budijono Z SE, hingga saat ini realisasinya sudah 95 persen lebih. Atau dengan kata lain, dari target pendataan 1.204 blok sensus di 195 desa pada 18 kecamatan di wilayah Kukar berhasil didata 1.147 blok sensus. Data itu belum termasuk yang sedang didata ulang Petugas Pemeriksa Lapangan (PML).

"Jadi, pendataan di wilayah Kutai Kartanegara tidak ada masalah. Saya optimis bisa tercapai 100 persen," kata Budijono kepada Kaltim Post kemarin. Ia juga menyampaikan informasi bahwa waktu pendataan yang semula direncanakan 1-30 April 2003, tapi atas instruksi BPS Pusat diperpanjang sampai 14 Mei kemarin. Pertimbangannya karena sampai tanggal 30 April lalu dirasakan masih perlu pendataan lanjutan.

"Meskipun batas akhirnya 14 Mei, bukan berarti pendataan langsung stop. PDL (petugas pendaftaran lapangan) masih akan mendata blok-blok yang perlu dilakukan cross data," tandasnya lagi.

Lebih lanjut, Budijono mengungkapkan proses lanjutan usai pendataan oleh PDL. Data dari lapangan itu diperiksa ulang oleh PML, kemudian oleh Pembantu Koordinator Teknis Kecamatan (PKTK) dan selanjutnya Koordinator Teknis Kecamatan (KTK) serta lebih lanjut oleh Pimpinan Pelaksana Pelatihan, Pendataan dan Pengolahan (LDO) dalam P4B. "Respons masyarakat Kutai Kartanegara sangat baik dalam pelaksanaan P4B," kata Budijono. Ditambahkannya, satu PML membawahi 4 PDL.

Baiknya respons ini pula, lanjut Budijono yang membedakan antara P4B dengan sensus penduduk tahun 2000 lalu. Respons itu dibuktikan dengan menerima dan melayani petugas, serta tak sedikit yang datang sendiri ke Kantor BPS, Kantor Camat atau Kantor Kelurahan bagi yang terlewatkan. "Respons ini tidak saja terlihat di kota saja, tapi sampai ke daerah pedalaman. Karena itu kami mengimbau kepada masyarakat, jika belum terdata agar mendatangi kantor BPS, Kantor Camat atau Kantor Kelurahan," imbaunya.

Saat pertama kali pelaksanaan P4B, Budijono pernah menyampaikan informasi, untuk P4B di Kukar, dilaksanakan 518 petugas yang mengunjungi 115.867 rumah tangga atau ekivalen dengan kurang lebih 460 ribu jiwa yang tersebar di wilayah Kukar. Untuk petugas sebenarnya, semula dari Pusat direncanakan 602 orang, tapi karena ada keterbatasan dana, belakangan dikurangi menjadi 402, sehingga jauh dari ideal. BPS Kukar memperoleh alokasi dana Rp500 juta dari APBN. Kemudian Pemkab Kukar memberikan bantuan dana Rp260 juta untuk merekrut tenaga tambahan. (oi)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.