KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Hasil Munas Badan Perwakilan Desa se-Indonesia Disosialisasikan

Ketua ABPEDSI Safii Abdullah dan Ketua APKASI H Syauki HR dalam kegiatan Sosialisasi Hasil Munas BPD se-Indonesia di Desa Selerong, Kecamatan Sebulu

Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 14/08/03 20:44 WITA
Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM siang tadi membuka kegiatan Sosialisasi Hasil Musyawarah Nasional Badan Perwakilan Desa (BPD) se-Indonesia bertempat di Balai Desa Selerong, Kecamatan Sebulu.

Dalam sambutannya dihadapan para Ketua BPD se-Kukar, Syaukani mengatakan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Munas BPD se-Indonesia di Yogyakarta pada bulan Mei lalu yang menghasilkan Deklarasi Yogyakarta dengan terbentuknya Asosiasi Badan Perwakilan Desa Seluruh Indonesia (ABPEDSI).

Ditambahkan oleh Syaukani bahwa dengan terbentuknya BPD di masing-masing desa diharapkan dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. BPD adalah perwakilan desa yang terdiri atas pemuka-pemuka masyarakat yang berfungsi mengayomi adat-istiadat, membuat peraturan desa, menampung dan menyalurkan  aspirasi masyarakat serta melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa," kata Syaukani.

"BPD selain sebagai wahana Demokrasi Pancasila juga merupakan mitra pemerintah desa didalam menyelenggarakan pemerintahan desa, fungsi dan peranan BPD ini lah yang akan disosialisasikan oleh Ketua ABPEDSI kepada BPD se-Kukar," kata Syaukani HR.

Dalam kesempatan tersebut, Syaukani yang juga Ketua Umum APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) menyatakan kebanggaannya atas terpilihnya  Safii Abdullah yang berasal dari Kukar sebagai pengurus ABPEDSI yakni menjabat sebagai Ketua I.


Ketua ABPEDSI Safii Abdullah ketika menyampaikan sambutan pengantarnya

Photo: Yanda

Sementara itu, Ketua ABPEDSI Safii Abdullah mengatakan tujuan digelarnya sosialisasi ini adalah untuk mengupayakan terbangunnya media komunikasi antar BPD di tingkat nasional, membangun komitmen bersama untuk terjaminnya hak-hak komunitas desa, mengidentifikasi peluang dan menyusun langkah strategis pembaruan desa di tingkat lokal maupun nasional. "Selain itu juga untuk membantu APKASI dalam memperjuangk otonomi daerah," tandas Syafii Abdullah.

Kegiatan Sosialisasi Hasil Munas BPD se-Indonesia ini diikuti sekitar 60 orang Ketua BPD dari 18 kecamatan se-Kukar. Tampak hadir dalam acara tersebut yakni Wakil Ketua DPRD Kukar Jumri Imbran, Kepala Bappeda Kukar H Bachruddin Noor MEngSc, Kabag Pemerintahan Desa Pemkab Kukar Samuel Robert Djukuw, Kabag Humas Protokol Pemkab Kukar Drs Abidinsyah Kadrie MM, Camat Sebulu dan para kepala desa di Sebulu. (win/nop)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.