KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Pengusaha Hotel dan Restoran Nikmati Masakan Kutai

La Rose yang kemarin hadir di Rumah Besar, Tenggarong

Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 14/06/03
Yayasan Sanggar Seni Budaya Kutai Kartanegara (YSSBKK) Tenggarong menggelar sajian aneka cita rasa makanan khas Kutai yang berlangsung kemarin (13/06) siang di Rumah Besar, Jalan Ahmad Yani, Tenggarong. Sajian aneka makanan ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka memperingati ulang tahun YSSBKK yang ke-2.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, La Rose selaku Staf Ahli Menteri Pertanian RI bidang Ketahanan Pangan, Muspikab Kutai Kartanegara, Sultan Kutai Kartanegara H Adji Mohd Salehoeddin II serta sejumlah pengusaha travel dan general manajer hotel se Kaltim.

Penasehat YSSBKK Drs H Aji Muhammad yang juga menjabat sebagai staf ahli Bupati Kukar bidang Seni Budaya, mengatakan kegiatan ini bertujuan selain untuk melestarikan aneka makanan khas Kutai yang telah jarang dikenali oleh sebagian generasi muda Kutai juga memperkenalkan kepada pengusaha travel maupun pengusaha perhotelan bahwa makanan Kutai tidak kalah dengan makanan dari dari daerah lain.

Bahkan makanan Kutai lebih unggul kualitasnya baik dari aspek kandungan gizi maupun protein karena hampir semua bahannya berasal dari lokal dan tidak melalui proses pengawetan namun langsung dari alam Kutai sendiri.

Sementara itu Staf Ahli Menteri Pertanian RI bidang Ketahanan Pangan, La Rose, mengakui bahwa makanan khas Kutai sebenarnya tidak kalah mutunya dengan makanan yang disajikan restoran cepat saji yang terkenal seperti makanan Jepang Hoka Hoka Bento.

"Saya mengharapkan agar pihak YSSBKK mampu menindaklanjuti keunggulan makanan khas Kutai ini misalnya dengan bekerjasama pihak pengusaha perhotelan di Kaltim," kata La Rose yang juga adalah penulis novel terkenal seangkatan dengan Motinggo Busye.

Menurut La Rose, dengan terangkatnya makanan khas kutai tentu akan memberikan kontribusi yang tidak kecil dalam pemberdayaan ekonomi rakyat, disamping akan meningkatkan diversifikasi atau keanekaragaman pangan.

"Selama ini kan bahan makanan kita lebih banyak diimpor dari luar dan bertumpu pada beras, saya mengharapkan melalui gelar makanan khas Kutai ini, kita mampu maju selangkah dalam reformasi makanan khususnya dalam merubah pola makan sebagian besar masyarakat kita yang bertumpu pada beras atau nasi," kata La Rose.

Gelar aneka makanan khas kutai yang disajikan kemarin mendapat sambutan positif terutama dari para pengusaha travel dan hotel, terbukti dari semua jenis makanan yang disajikan semuanya tak luput untuk dicicipi para pengusaha tersebut.

Aneka makanan khas Kutai yang disajikan terdiri dari 4 jenis sayuran seperti Gangan Prede Jukut Ruwan, 6 jenis masakan ikan diantaranya Tunu Bentilap dan aneka sambal. Selain makanan juga digelar aneka kue maupun makanan kecil seperti Jajak Brongkong, Sanggar Srikaya dan Juragan Mabok. (joe)

Berita Terkait:
Peringati Ultah Kedua, YSSBKK Gelar Lomba dan Tari (13/06/03)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.