KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Warga Desa Sebuntal Mengadu ke DPRD

KutaiKartanegara.com 14/05/03
15 wakil masyarakat Desa Sebuntal, Kecamatan Marangkayu kemarin mendatangi DPRD Kutai Kartanegara (Kukar). Rombongan warga yang dipimpin oleh H Muchtar Lompo dan HAB Sultan tersebut meminta kepada para wakil rakyat agar menyikapi pemilihan kepala desa (Kades) pada 7 April lalu yang dinilai berlangsung penuh ketidakadilan. Ada warga yang tidak didata, ada pula yang didata tapi tidak diberi kesempatan memilih serta ada warga Tanjung Limau (Kecamatan Muara Badak) yang dibiarkan ikut memilih.

"Kami minta kepada DPRD untuk bisa memperhatikan aspirasi kami ini. Pelaksanaan pemilihan Kades berlangsung dengan tidak adil," kata Muchtar Lompo pada pertemuan yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kukar H Ifni Djuraidi SSos MM dan didampingi sejumlah anggota Dewan dari Komisi A seperti Noor Muhammad SSos, Djanto Wahyudi, Idrus Tanjung dan Said Rimba. Turut hadir Kabag Pemerintahan Desa Pemkab Kukar Samuel Robert Djukuw BSc.

Pemilihan Kades sendiri diikuti lima calon yakni Baharuddin Demmu SPi, Saiful Basri, Andi Charma, Aminuddin SH dan Ibrahim. Pemilihan dimenangkan Baharuddin Demmu dengan selisih 400 suara lebih. Tapi, belakangan dari pihak calon lain protes, sebab ada orang luar desa yang ikut memilih. Panitia dinilai tidak jujur dalam melaksanakan tugasnya.

"Mereka yang di BPD (Badan Perwakilan Desa) itu orang-orang mereka, sehingga sangat sulit," kata Drs Danodding, salah satu perwakilan warga tersebut. "Kami selama ini kurang sejalan dengan BPD," tambah HAB Sultan.

Salah satu calon Andi Charma yang juga mengikuti pertemuan kemarin mengatakan, pihaknya sangat dirugikan dalam pemilihan itu. Bukan persoalan tidak terpilih, tapi tidak ada keadilan pada pemilihan. Ia mengaku tidak diundang oleh penitia ketika pemilihan, begitu pula dengan 2 orang keluarganya yang lain.

"Ada 500 orang tidak dicatat panitia. Kalau begitu, bukan hanya saya yang dirugikan, tapi juga masyarakat. Saya minta persoalan ini segera diselesaikan agar tidak timbul hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Andi Charma seraya mengatakan bahwa para RT juga tidak dilibatkan dalam pemilihan kades tersebut. Salah seorang warga Tanjung Limau Usman yang ikut hadir di DPRD kemarin mengatakan dirinya ikut memilih karena disuruh.

Samuel sendiri, kemarin, membenarkan bahwa pemilihan kades itu berlangsung tidak semestinya. Ada masyarakat yang tak didata dan ada orang luar yang ikut memilih. "Saya punya buktinya semua. Pokoknya saya terus transparan saja. Ada yang coba menekan saya, tapi saya tak mau. Biar ada 2500 warga datang, saya tetap berpihak kepada yang benar. Persoalan itu nantinya tergantung Bupati (Drs Syaukani HR MM) yang akan memutuskan," tegasnya. (oi)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.