KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Warga Setuju Proyek Pelebaran Jalan

Pagar Makodim 0906 Tenggarong yang akan tergusur terkena proyek pelebaran jalan

Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 13/05/03
Warga Tenggarong yang berada di satu sisi pada poros Jalan Jenderal Sudirman, KH Ahmad Mukhsin dan Wolter Monginsidi menyatakan setuju terhadap rencana Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) untuk melakukan pelebaran jalan di kawasan tepi Mahakam tersebut.

Pernyataan setuju ini disampaikan warga setelah diadakan pertemuan antara warga dengan tim pembebasan lahan Pemkab Kukar yang dipimpin Assisten I bidang Pemerintahan, Drs HM Husni Thamrin pada hari Jumat lalu (09/05) di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar Tenggarong.

Dan menurut rencana, mulai pagi ini pihak Dinas Cipta Karya dan Dinas Pertanahan Kabupaten Kukar akan melakukan pendataan terhadap para pemilik tanah/bangunan di sepanjang jalan yang panjangnya mencapai kurang lebih 5 kilometer tersebut.

Menurut Drs HM Husni Thamrin, banyak hal yang melatari sehingga Pemkab Kukar melebarkan ke tiga jalan poros yang merupakan salah satu dari dua pintu masuk terpenting kota Tenggarong ini. Antara lain katanya, selain badan jalannya banyak yang rusak juga untuk memperindah tata ruang kota Tenggarong sebagai kota tujuan wisata sekaligus memperlancar arus lalu lintas terutama pada saat pelaksanaan Erau 2003 mendatang.


Pagar rumah pribadi Seskab Kukar Drs H Eddy Subandi MM pun tak luput dari proyek pelebaran jalan
Photo: Joe

Dikatakan pula ke 3 jalan ini oleh Pemkab Kukar akan dibuat seperti jalan berkelas Boulevard dimana pada sisi jalan terutama yang berdampingan dengan sungai Mahakam akan dibuat ruang publik bernuansa hiburan dan rekreasi yang bisa digunakan masyarakat baik siang hari terlebih pada malam hari.

"Nanti di sisi jalan ini akan dibangun kafe, tempat santai, panggung hiburan juga dilengkapi tempat ibadah berikut fasilitas umum lainnya yang semuanya bangunan permanen dan tertata dengan baik dan indah," kata Husni Thamrin.

Menurutnya, diharapkan pada Erau 2003 mendatang ke 3 poros jalan ini bukan saja sudah benar-benar bebas hambatan bagi pengguna kendaraan bermotor dan pejalan kaki namun juga sudah dapat dinikmati masyarakat sebagai jalan yang dapat memberikan hiburan dan rekreasi bagi warga maupun wisatawan yang datang ke Tenggarong.

Dengan adanya pelebaran ini tentunya banyak lahan pekarangan, pagar dan bangunan milik warga yang akan dikorbankan. Namun demikian, tambah Husni Thamrin, warga jangan cemas karena Pemkab Kukar akan memberikan ganti untung bukan ganti rugi terhadap milik warga yang terkena proyek pelebaran jalan ini.

Rencananya pelebaran jalan pada ke 3 poros jalan ini memerlukan lahan minimal 2 meter dari trotoar yang ada saat ini. Di tiga poros jalan ini selain terdapat lahan maupun rumah milik warga juga terdapat milik pemerintah, kantor swasta, bank, hotel, tempat ibadah dan pertokoan serta milik pejabat Pemkab Kukar sendiri, seperti Markas Kodim 0906 Tenggarong, Bank Lippo dan BPD Kaltim termasuk rumah pribadi Sekretaris Kabupaten Kukar Drs H Eddy Subandi MM. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.