KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Dana Perimbangan Belum Cair, Panggar DPR RI Terkejut

KutaiKartanegara.com 11/06/03
Belum cairnya dana perimbangan dari bagi hasil migas untuk Kutai Kartanegara (Kukar) hingga saat ini, bagi Ketua Komisi IX DPR RI yang membidangi anggaran H Abdullah Zainie SH merupakan sesuatu yang aneh. Ia terkejut ketika diinformasikan bahwa dana perimbangan yang merupakan andalan pos keuangan Kukar itu belum cair.

Terkejut, karena ia sejak sebulan lalu sudah menerima pemberitahuan dari Dirjen Anggaran bahwa dana itu akan segera dicairkan. "Saya kira sudah dicairkan. Jadi, belum ya? Wah, apa-apaan ini Departemen Keuangan," kata Zainie kepada Kaltim Post via telepon selulernya di Jakarta, kemarin siang.

Zainie berjanji akan membantu mengecek ke Departemen Keuangan. "Kalau begitu nanti saya akan tanyakan kembali ke Departemen Keuangan. Harusnya itu sudah," tegasnya.

Seperti diberitakan, ada simpang siur informasi soal kepastian pencairan dana perimbangan keuangan. Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi BcHK dan Wakil Bupati Kukar Drs Samsuri Aspar MM mengatakan, minggu ini dana perimbangan direncanakan cair. Bahkan, Bachtiar memperkirakan pencairan itu dalam 2-3 hari lagi. Pusat sudah mencairkan dana itu, dan jika belum masuk ke kas daerah, menurut prediksi Bachtiar berarti masih berada di Bank Indonesia (BI). "Kalau sudah di Bank Indonesia itu, saya perkirakan 2-3 hari akan cair," ujarnya, usai memimpin sidang di Ruang Rapat Utama DPRD Kukar beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Kabag Keuangan Pemkab Kukar H Suryanto Anwar SE MM membantah informasi soal pencairan dana perimbangan. Ia mengatakan, biasanya, jika dana perimbangan itu cair, komunikasinya dari Pusat langsung dengan Bagian Keuangan yang menerima pemberitahuan melalui faks. "Sumpah dana itu belum cair. Potong leher saya kalau saya berbohong soal ini," tegasnya.

Menurut Zainie yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI itu, keterlambatan itu semula disebabkan karena menunggu perhitungan lifting Migas. Dan, saat ini perhitungan itu telah selesai, sehingga tidak logis kalau memasuki Bulan Juni ini dana perimbangan belum juga dicairkan. "Nanti saya akan cek lagi," katanya berulang-ulang. (oi)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.