KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Sarana Telekomunikasi Daerah Kukar Diresmikan

Syaukani HR menandatangani peresmian telekomunikasi daerah.
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 10/02/03
Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM tadi pagi meresmikan sarana Telekomunikasi Daerah (Telkomda) dan melakukan ujicoba percakapan telepon jarak jauh bertempat di halaman Gedung Puteri Karang Melenu.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Pusat Data Elektronik (KPDE) Kukar Dr H Didi Marzuki mengatakan sarana Telkomda ini merupakan perwujudan Pencanangan Bebas Telekomunikasi yang telah dilaksanakan pada tanggal 22 September 2002 oleh Menteri Negara Komunikasi dan Informasi Bapak Syamsul Muarif.

"Mengingat pentingnya pengadaan sarana telekomunikasi dalam menunjang program Gerbang Dayaku dan Otonomi Daerah, Pemkab Kukar melaksanakan proyek pembangunan sistem Telekomunikasi Daerah dengan lokasi untuk tahap pertama di Kecamatan Tenggarong Seberang, Loa Kulu dan Tabang dengan anggaran sebesar Rp 17 miliar lebih." kata Didi Marzuki.

Menurut Didi Marzuki, pembangunan sistem Telkomda ini akan dilakukan secara bertahap dengan total 3000 SST (Satuan Sambungan Telepon) yang mencakup 18 kecamatan di Kukar. Untuk tahap pertama ini akan didistribusikan 500 SST untuk 3 kecamatan, yakni 250 SST di Tenggarong Seberang, 200 SST di Loa Kulu dan 50 SST untuk kecamatan Tabang.

"Untuk selanjutnya diperlukan total anggaran sebesar Rp 70.109.600.000,- untuk meng-cover sebelas kecamatan lagi di Kukar. Kami harap keberhasilan kita di tahap pertama ini dapat berkelanjutan." kata Didi Marzuki.

"Untuk pengoperasian dan pengelolaan sistem Telkomda ini perlu dibentuk suatu perusahaan daerah yang bekerjasama dengan pihak operator resmi nasional seperti PT Telkom atau Indosat. Diharapkan dengan adanya sarana telekomunikasi ini dapat meningkatkan PAD Kutai Kartanegara." tandas Kepala KPDE Kukar ini.

Sementara itu Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM dalam sambutannya mengatakan dengan adanya sarana telekomunikasi daerah ini diharapkan dapat mengurangi beban kegiatan di kecamatan.

"Sekarang pihak di kecamatan tidak perlu susah-susah lagi dalam mengurus permasalahan birokrasi ke pusat birokrasi (ibukota kabupaten) karena cukup dilakukan dengan menggunakan sarana telkomda." kata Syaukani sambil menambahkan bahwa pihaknya dapat melakukan pemantauan terhadap kinerja aparatur di kecamatan dan melakukan evaluasi terus-menerus sehingga tidak akan ada aparatur yang kerjanya tidak serius.


Ketua DPRD Kukar ketika membuka papan nama STO Tenggarong Seberang.
Photo: Yanda

Setelah menyampaikan sambutannya, Bupati Syaukani HR kemudian menandatangani prasasti peresmian Sentral Telepon Otomat (STO) untuk wilayah Tenggarong Seberang. Dilanjutkan dengan peninjauan bangunan STO yang terletak disamping Gedung Puteri Karang Melenu bersama-sama Ketua DPRD, unsur Muspikab, anggota Dewan dan undangan lainnya.

Menurut Didi Marzuki, STO Tenggarong Seberang ini telah dilengkapi dengan perangkat telekomunikasi sesuai standard PT Telkom. Selain untuk komunikasi suara (lokal, SLJJ dan SLI), sistem telekomunikasi ini juga bisa digunakan untuk komunikasi data, internet dan videoconference. Bangunan STO Tenggarong Seberang terdiri dari sebuah bangunan dengan luas 21 meter persegi dan menara setinggi 72 meter diatas lahan seluas 412,5 meter persegi.

Setelah peresmian STO Tenggarong Seberang, Bupati Kukar Drs H Syaukani HR beserta undangan lainnya kemudian menuju Gedung PKM untuk melakukan ujicoba videoconference dan telepon jarak jauh dengan sejumlah Bupati/Walikota dan mantan Presiden RI BJ Habibie di Jerman. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.