KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Kukar-Samarinda Bangun Bandara

KutaiKartanegara.com 09/07/03 09:15 WITA
Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dan Pemerintah Kota Samarinda akhirnya sepakat untuk bersama-sama membangun bandar udara yang terletak diantara kota Tenggarong dan Samarinda.

Kesepakatan tersebut dicapai dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman antara Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM dan Walikota Samarinda Drs H Achmad Amins yang berlangsung kemarin (08/07) di Lamin Etam, Samarinda.

Penandatanganan MoU antar dua daerah otonom bertetangga tersebut disaksikan langsung oleh Gubernur Kaltim H Suwarna AF yang turut pula membubuhkan tandatangan persetujuannya.

Pembangunan bandara ini diperkirakan membutuhkan biaya yang mencapai Rp 800 miliar. Pembiayaannya sendiri akan dilakukan melalui APBD Kukar dan APBD Samarinda, APBD Kaltim maupun APBN, sehingga diharapkan oleh kedua belah pihak agar pembangunan bandara tersebut dapat diselesaikan dalam waktu dua tahun karena dukungan pendanaan dari berbagai sumber.

Bandara yang disebut sebagai termodern dan futuristik di Indonesia ini didesain oleh konsorsium konsultan yang terdiri dari Rumah-Indonesia, Pakarya, Grahacipta Hadiprana dan Dirgantara Indonesia. Konsorsium konsultan ini mengambil tema "Gateway Kalimantan 3000" sebagai tema karya arsitektur bandara yang mereka desain.

Bandara yang dibangun setingkat dibawah bandara Sepinggan Balikpapan ini nantinya mampu didarati pesawat terbang sekelas Boeing 747. Adapun run way atau landasan pacunya akan mencapai 3,5 km dengan lebar 60 meter diatas lahan seluas 600 hektare.

Bupati Kukar H Syaukani HR dan Walikota Samarinda H Achmad Amins kepada para wartawan enggan menyebutkan lokasi pembangunan bandara yang dapat ditempuh dalam waktu 15 menit dari masing-masing kota tersebut. Yang pasti lokasi bandara akan berada di wilayah Kutai Kartanegara, dan untuk itu telah ada 3 alternatif lokasi yakni di sebuah desa yang terletak di jalur Tenggarong-Samarinda, desa Jongkang dan sebuah lokasi yang masih dirahasiakan guna menghindari spekulan tanah. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.