KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Pemkab Kukar Terapkan Sertifikasi Produk

Wakil Bupati Kukar Samsuri Aspar ketika mendengarkan pemaparan tentang sertifikasi mutu oleh direktur PT MAL Jakarta, Wahyudi (kiri)
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 09/04/03
Memasuki era globalisasi yang salah satunya ditandai dengan perdagangan dan pasar bebas dunia mau tidak mau semua pihak baik Pemerintah, pengusaha serta konsumen harus memahami kegunaan dari sertifikasi produk baik barang maupun jasa yang standar berlaku di seluruh dunia. Sertifikasi ini menjadi penting karena selain akan memberikan jaminan produk berupa barang dan jasa juga aman dan mutunya terjamin.

Untuk itulah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menjajaki penerapan sertifikasi ini dengan mengambil langkah antisipasi mengundang PT Mutu Agung Lestari (MAL) Jakarta yang bergerak di bidang usaha sertifikasi produk usaha barang dan jasa berstandar Internasional untuk melakukan presentasi di Tenggarong beberapa waktu lalu.

Menurut salah seorang direksi PT MAL, Wahyudi yang memberikan presentasi dihadapan Wakil Bupati Kukar, Drs H Samsuri Aspar MM dan kepala dinas/instansi serta beberapa wakil dari organisasi pengusaha di Kukar mengatakan, sertifikasi mutu produk bila dilakukan secara konsisten akan memberikan keuntungan ganda yaitu antara lain dapat membuka peluang kerja yang lebih banyak, produk yang dihasilkan lebih diminati konsumen dalam dan luar negeri karena mutu dan keamanannya terjamin serta yang lebih.

Disamping itu lebih mempercepat penerapan standar mutu produk di daerah dan efisiensi perdagangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Dari semua itu yang lebih penting lagi tambah Wahyudi, bahwa produk barang atau jasa yang dihasilkan tentunya melalui proses yang ramah lingkungan.

Dikatakan dimasa depan dengan diberlakukannya era perdagangan bebas dunia yang telah ditetapkan World Trade Organization (WTO) maka sertifikasi produk ini menjadi kewajiban setiap pengusaha seperti standar mutu yang dikeluarkan melalui ISO 9000 untuk produk Kehutanan, ISO 14001 untuk produk Pertambangan dan PHACCP untuk komoditas agribisnis. Oleh sebab itu political will Pemkab Kukar untuk melindungi usaha produk barang dan jasa yang dihasilkan dan diproduksi dari daerah ini sudah tepat.

Sementara itu Wakil Bupati Kukar, Drs H Samsuri Aspar MM mengatakan, langkah yang diambil Pemkab ini karena berkaitan dengan usaha produk dan jasa yang telah dirintis Pemkab kukar diantaranya mendirikan pusat pengolahan beras (Rice Processing Unit) dimana hasilnya berupa beras kristal yang semakin diminati pihak luar negeri seperti dari negara-negara di Timur Tengah. Selain itu Pemkab Kukar tambah Samsuri Aspar juga telah membuka usaha jasa yaitu sektor kepariwisataan yang dipusatkan di Pulau Kumala Tenggarong dan beberapa hotel berbintang.

Direncanakan Pemkab Kukar dalam waktu dekat akan mengirim pegawainya sesuai dengan klasifikasi produk barang dan jasa untuk dilatih dalam pemberian sertifikat ini bekerjsama dengan PT MAL Jakarta. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.