KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Tim BP-Migas Kunjungi Kukar

KutaiKartanegara.com 07/10/03 14:36 WITA
Para kontraktor dan pengusaha tambang minyak dan gas bumi yang berada di bawah koordinasi Badan Pelaksanaan Minyak dan Gas Bumi (BP-Migas) dipimpin James Runtu mengadakan kunjungan sehari ke Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang diterima Wakil Bupati Drs H Samsuri Aspar MM di Restoran Bukit Biru Tenggarong kemarin Senin (06/10).

Kunjungan sehari pengurus dan anggota BP-Migas ke Kukar dalam rangka peninjauan objek-objek wisata dan pusat Rekreasi dan Wisata Pulau Kumala Tenggarong sekaligus melakukan kunjungan silaturahmi dengan jajaran pejabat Pemkab Kukar.

Ketua tim rombongan BP-Migas, James Runtu mengatakan, BP-Migas merupakan lembaga baru menggantikan fungsi Pertamina. Pembentukan lembaga ini menurutnya berdasarkan Undang-Undang No 22 tahun 2002 dan Peraturan Pemerintah No 42 tahun 2002. Undang-undang tersebut menetapkan bahwa BP-Migas adalah Badan Hukum Milik Negara.

"Jadi BP-Migas adalah lembaga baru dan kedudukannya sama dan sederajat dengan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan ITB Bandung," ujar James Runtu.

Dikatakannya, tugas BP-Migas sesuai UU dan Peraturan Pemerintah itu adalah selain mengambil alih fungsi dan tugas Pertamina selama ini seperti pengawasan dan manajemen kegiatan usaha hulu Migas juga memasarkan produk usaha hulu migas seperti minyak dan gas bumi yang sudah dieksploitasi kontraktor perusahaan penambangan migas baik di dalam maupun ke luar negeri.

Ditambahkan James Runtu, kendati lembaga ini berbentuk badan hukum milik Negara (BHMN) bukan badan usaha milik Negara (BUMN), namun disisi lain BP-Migas ditugaskan pemerintah untuk mencari keuntungan dengan melalui usaha pemasaran migas. Dengan demikian BP-Migas merupakan BHMN satu-satunya di Indonesia yang juga bergerak di bidang usaha. Demikian katanya.

Sementara Wakil Bupati Kukar Drs H Samsuri Aspar MM mengatakan, Kukar dengan luas kurang lebih 27.253 km persegi tersebut 60 persen wilayahnya memiliki kandungan dan potensi sumber daya alam (SDA) migas.

Terbesar potensi migas ini terdapat di wilayah pesisir atau pantai. Sedang di wilyah pedalaman juga memiliki SDA yang beragam dan potensial seperti batubara, hasil hutan dan ikutannya, wisata serta perikanan. "Dari hasil SDA migas saja Kukar telah menyumbang devisa nasional tidak kurang Rp 40 trilyun setiap tahunnya. Oleh sebab itu wajar bila pembangunan di Kukar selama ini mengalami kemajuan dari daerah lainnya," kata Samsuri Aspar.

Dijadwalkan dalam waktu dekat BP-Migas melalui kontraktor Migas Total E&P akan memberi bantuan community development dalam bentuk peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia berupa program ekonomi dan pendidikan kepada warga Persekutuan Dayak Kaltim (PDKT). (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.