KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Kukar Ikut PPI, Warga Ibukota Kagum

KutaiKartanegara.com 01/06/03
Keikutsertaan Kutai Kartanegara (Kukar) pada Pameran Produksi Indonesia (PPI) di Arena Pekan Raya Jakarta (PRJ) selama 10 hari, membuat warga ibukota terkagum-kagum dengan daerah ini. Tak hanya para pengunjung pameran, Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rini Suwandi pun berkali-kali menyampaikan pujiannya.

Pada pameran itu stan Kukar memang tampil beda. Selain berada pada lokasi strategis, juga bentuk stan berupa Lamin Anjungan Kukar serta objek yang dipamerkan begitu beragam sehingga mampu menarik minat pengunjung.

Pada stan yang lengkapi dengan dua patung lembuswana yang dipinjam dari Taman Mini, Kukar memamerkan seluruh potensinya, baik sumber daya alam maupun barang produksi dan jasa yang siap jual. Ada beras kristal Rice Processing Unit (RPU), ikan betutu, ikan patin, udang beku dan lain sebagainya. Selain itu, semua objek wisata di Kutai Kartanegara, potensi di sektor perkebunan, pertambangan dan peternakan juga dipromosikan pada pameran tersebut.

"Kami memang mau menjual potensi SDA, maupun beberapa potensi unggulan yang siap ekspor, serta ikan olahan dan kerajinan," kata Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Kukar Drs Andarias P Sirenden. Tim Kukar pada PPI itu ada 12 orang yang terdiri BPMD, Dinas Perkebunan, Dinas Perindustrian, Dinas Perikanan, Dinas Pariwisata dan Budaya, Dinas Pertambangan dan Energi serta RPU Kukar.

Untuk potensi pertambangan, para pengunjung ternyata banyak memerlukan informasi yang selengkap-lengkapnya untuk menjajaki peluang investasi. Untuk beras RPU, karena tampak berbeda dengan beras kebanyakan, sehingga banyak yang berminat untuk membelinya. Bahkan, Menperindag Rini Suwandi memuji beras RPU dan mengaku optimistis beras itu akan mampu bersaing dengan beras import.

Pada stan Kukar, ikan betutu juga termasuk yang kerapkali mengundang perhatian. Bahkan, beberapa pengusaha saat itu menyatakan siap untuk membeli ikan jenis tersebut berapapun banyaknya untuk didistribusikan ke restoran kelas atas di Jakarta.

"Kami juga memberikan informasi yang selengkap-lengkapnya soal potensi perikanan, termasuk budidaya dan kapasitas produksi ikan betutu," kata AS Syarifuddin, petugas dari Dinas Perikanan Kukar.

Untuk potensi perkebunan, kelapa sawit dan lada juga tak luput menarik perhatian pengunjung. Selain juga potensi peternakan berupa penggemukan sapi potong. "Masih banyak yang perlu dipromosikan di Kutai Kartanegara," ujar Andarias yang juga Koordinator Pameran Stan Kukar. (oi)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.