KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Syaukani Ingin Tenggarong Bercahaya Seperti Las Vegas atau Shanghai


Suasana Tenggarong di malam hari dari atas Bukit Biru

Photo: Agri, 2003


KutaiKartanegara.com
07/05/03
Sebagai kota yang diproyeksikan sebagai pusat pariwisata seni dan budaya di pulau Kalimantan, Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM ingin agar kota Tenggarong di malam hari begitu gemerlap dan semarak dengan cahaya.

Hal itu diungkapkan Bupati H Syaukani HR beberapa waktu lalu pada saat peresmian proyek PLTGU unit III di Tanjung Batu, Tenggarong Seberang. "PLN jangan marah kalau melihat kota Tenggarong penuh dengan cahaya. Ini bukan untuk menghambur-hamburkan listrik, tapi untuk menciptakan kota yang indah di malam hari seperti kota Las Vegas (AS) atau Shanghai (China)," kata Syaukani menanggapi pesan Ali Hamdi -Direksi PT PLN- agar masyarakat Kukar berhemat dalam pemakaian energi listrik.


Suasana resort di Pulau Kumala yang juga gemerlap dengan cahaya
Photo: Agri, 2003

Menurut Syaukani, menjadikan kota Tenggarong sebagai kota yang indah merupakan semangat untuk menjadikan kota ini sebagai daerah tujuan wisata. Karena pariwisata akan menjadi andalan Kutai Kartanegara di masa datang jika sumber daya alam mulai habis dan untuk pengembangan sektor pariwisata ini perlu didukung ketersediaan pasokan listrik yang memadai dari PLTGU Tanjung Batu.

Suasana kota Tenggarong di malam hari memang gemerlap dengan cahaya, beraneka macam lampu hias diletakkan di berbagai sudut kota, Jembatan Kartanegara tampak mempesona dengan hiasan lampu-lampunya, gedung-gedung megah disorot cahaya yang warnanya bisa berubah-rubah, Pulau Kumala pun tampak penuh cahaya di malam hari.


Jam Bentong di sekitar Jembatan Kartanegara
Photo: Agri, 2003

Gemerlapnya kota Tenggarong di malam hari ini banyak mendapat pujian dari para tamu atau wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke kota Tenggarong. Umumnya mereka tidak menyangka bahwa ditengah-tengah hutan Kalimantan ada sebuah kota yang begitu semarak dan penuh dengan cahaya.

Kepala Pusat Dokumentasi Kerajaan-Kerajaan di Indonesia (PUSAKA), Donald P Tick dari Belanda yang sudah dua kali ke Tenggarong misalnya, ia mengomentari Tenggarong sebagai Singapura-nya Indonesia dan Kutai Kartanegara sebagai Brunei-nya Indonesia. Ia berharap agar di masa-masa datang akan banyak wisatawan asal Belanda atau Eropa umumnya berkunjung ke 'Kota Raja' Tenggarong.

Sementara itu, Produser KBS TV Korea yakni Choi Yong Jae yang sempat bertemu KutaiKartanegara.com juga menyatakan kekagumannya terhadap keindahan kota Tenggarong. Ia berharap agar kunjungan wisatawan ke Kutai Kartanegara akan lebih meningkat lagi di masa datang. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.