KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Mahasiswa UI Teliti Gerbang Dayaku

KutaiKartanegara.com 07/02/03
Program Gerakan Pengembangan dan Pemberdayaan Kutai (Gerbang Dayaku) yang menjadi andalan Kutai Kartanegara dalam upaya mensejahterakan masyarakatnya telah menarik perhatian mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Universitas Indonesia untuk melakukan penelitian terhadap program ini.

Untuk itu, sebanyak 32 orang mahasiswa UI diterjunkan ke lapangan dengan didampingi tiga orang pembimbing yakni Lina (dosen), Lidya (asisten dosen, alumni KSM) dan Lukman Budiman (alumni KSM) serta 10 orang mahasiswa Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) Tenggarong.

Menurut Dwi Saputro Nugroho, Koordinator Kajian Strategis KSM UI, penelitian berjudul "Persepsi dan Harapan Masyarakat Kutai Kartanegara Terhadap Pelaksanaan Program Gerbang Dayaku" ini dilaksanakan pada tanggal 20-30 Januari 2003 di tiga kecamatan yakni Muara Wis, Sebulu dan Tenggarong.

"Kami ingin mengetahui sejauh mana program yang sangat ideal ini diketahui dan dirasakan oleh masyarakat sehingga benar-benar sampai ke rakyat. Gerbang Dayaku sendiri adalah sebuah konsep pembangunan daerah yang amat menarik, lengkap dan prestisius dengan didukung oleh pendanaan yang cukup besar." kata Dwi Saputro yang merupakan mahasiswa asal dari Madiun, Jawa Timur.

Apa yang melatarbelakangi sehingga KSM UI melakukan penelitian di Kukar? Menurutnya, dengan dilaksanakannya otonomi daerah terjadi perubahan paradigma yang sangat mendasar dalam pembangunan di daerah. Jika sebelumnya SDA diperas oleh pusat, kini daerah telah memperoleh porsi yang cukup besar dari sebelumnya. Dan Kutai Kartanegara merupakan daerah kaya yang mengimplementasikan otonomi daerah melalui program Gerbang Dayaku, yang diantaranya menghabiskan dana yang cukup besar pula.

"Tentu kita ingin mengetahui secara langsung apa yang dirasakan masyarakat tanpa berpretensi mengetahui seluruh aspirasi masyarakat, ya minimal untuk daerah-daerah yang kita teliti." kata Dwi Saputro sembari menerangkan beberapa desa yang dijadikan obyek penelitian adalah desa Muara Wis dan Sebemban (Kecamatan Muara Wis), desa Sebulu Ilir dan Beloro (Kecamatan Sebulu), serta kelurahan Mangkurawang dan desa Maluhu (Kecamatan Tenggarong).

"Masing-masing desa diambil sampel 50 responden, sehingga keseluruhannya terdapat 300 responden dari tiga kecamatan tersebut. Dalam penelitian ini juga dilakukan wawancara mendalam dengan berbagai tokoh masyarakat, pejabat dan wakil rakyat di Kukar sebagai bahan pelengkap dan pengkayaan materi." tambahnya.

Menurut Dwi Saputro, pengolahan data dan penyusunan laporan penelitian ini akan memerlukan waktu yang cukup panjang di sela-sela kesibukan tim peneliti sebagai mahasiswa. "Sedapat mungkin akhir April atau awal Mei laporannya sudah selesai."

"Produk penelitian mahasiswa UI ini akan disampaikan diantaranya kepada pihak pemkab untuk pertimbangan, evaluasi dan perbaikan pelaksanaan otonomi daerah di Kukar. Selain itu juga kepada pihak pengambil kebijakan di level pusat, bahwa Gerbang Dayaku dapat dipertimbangkan menjadi semacam teladan bagi daerah lain, atau semacam pilot project otonomi daerah." kata mahasiswa jurusan Hukum Tata Negara FHUI Semester VI ini.

Sebelum kembali ke Jakarta, rombongan mahasiswa UI ini sempat berpamitan dengan Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM di Pendopo Odah Etam pada tanggal 30 Januari lalu. Bupati H Syaukani HR menyambut baik penelitian yang dilakukan mahasiswa UI ini dan meminta mereka untuk melaporkan hasil penelitian tersebut secara obyektif, apa adanya dan tidak ditutup-tutupi.

"Kami harus cermin diri jika memang Program Gerbang Dayaku ada kekurangannya. Bisa jadi karena bawahan saya lemah, SDM di lapangan lemah dan sebab-sebab lainnya. Tapi, kalau mengetahui ada kelemahan akan lebih fatal lagi jika malah dibiarkan saja." kata Syaukani. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.