KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Gerbang Dayaku Diseminarkan di Tenggarong dan Jakarta

Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM ketika menerima kenang-kenangan dari KSM UI
Photo: Dok. KSM UI

KutaiKartanegara.com 06/05/03
Setelah melakukan penelitian terhadap Gerakan Pengembangan dan Pemberdayaan Kutai (Gerbang Dayaku) pada bulan Januari yang lalu, Kelompok Studi Mahasiswa Universitas Indonesia (KSM UI) "Eka Prasetya" rencananya akan mempublikasikan hasil penelitian tersebut sekaligus menggelar seminar nasional di Tenggarong dan Jakarta.

Seminar dengan tema "Program Gerbang Dayaku dan Prospek Otonomi Daerah di Masa Mendatang" di Tenggarong rencananya akan digelar besok pagi (07/05) sekitar pukul 09.30 WITA bertempat di Pendopo Odah Etam. Selain dihadiri para kepala dinas/instansi, LSM, seluruh Camat dan beberapa Kepala Desa atau Lurah yang ada di Kutai Kartanegara, acara ini juga terbuka untuk umum.

Acara yang akan dimoderatori oleh Rinda Desianti SSos MSi ini menampilkan empat orang pembicara yakni Drs H Syaukani HR MM (Bupati Kukar/Ketua APKASI), Dr E Koswara (Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia), Dr Bambang Sumantri Brodjonegoro (Pengamat Otonomi Daerah) dan Sabran SE (akademisi Universitas Kutai Kartanegara).

Menurut Dwi Saputro Nugroho yang juga Koordinator Kajian Strategis KSM UI, tujuan diselenggarakannya seminar ini adalah untuk mempublikasikan hasil Penelitian Besar KSM UI mengenai program Gerbang Dayaku pada tanggal 19-30 Januari 2003 yang sudah menjadi pertanggungjawaban ilmiah sebagai peneliti.

Penelitian bertema "Persepsi dan Harapan Masyarakat Kutai Kartanegara Terhadap Pelaksanaan Program Gerbang Dayaku" telah dilakukan pada tanggal 19 hingga 30 Januari 2003 di enam desa pada tiga kecamatan yakni desa Muara Wis dan Sebemban (Kecamatan Muara Wis), desa Sebulu Ilir dan Beloro (Kecamatan Sebulu), serta kelurahan Mangkurawang dan desa Maluhu (Kecamatan Tenggarong).

Masing-masing desa diambil sampel dengan teknik wawancara sebanyak 50 responden, sehingga keseluruhannya terdapat 300 responden dari tiga kecamatan tersebut. "Dalam penelitian ini juga dilakukan wawancara mendalam dengan berbagai tokoh masyarakat, pejabat dan wakil rakyat di Kukar sebagai bahan pelengkap dan pengkayaan materi." kata Dwi Saputro.

Mahasiswa jurusan Hukum Tata Negara FHUI ini menambahkan bahwa setelah seminar dan publikasi hasil penelitian di Tenggarong, kegiatan yang sama akan dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 4 Juni mendatang bertempat di Balai Sidang BNI Universitas Indonesia, Depok (Jawa Barat).

Rencananya Seminar Nasional Otonomi Daerah ini akan menampilkan 5 orang pembicara yakni Oentarto S Mawardi (Dirjen Otda Depdagri), Drs H Syaukani HR MM (Bupati Kukar/Ketua APKASI), Prof Dr Ryaas Rasyid (Pakar Otda), Prof Dr Jimly Asshiddiqie SH (Guru Besar FH UI) dan Prof Dr Martani Husaini (Wakil Rektor V UI).

Seminar yang dimoderatori oleh Dr Rizal Malarangeng dari Freedom Institute ini juga akan menampilkan Mendagri Hari Sabarno sebagai keynote speaker. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.