KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Rombongan Dubes Prancis Kunjungi Tenggarong

Bupati Kukar Syaukani HR menyerahkan cinderamata kepada Dubes Prancis Herve Ladsous
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 06/03/03
Kutai Kartanegara mendapat kunjungan para calon investor asal Prancis kemarin (05/03) di Pendopo Odah Etam, Tenggarong. Kunjungan bisnis ini dimaksudkan untuk mengenal lebih dekat keadaan dan potensi Kukar serta menjajaki kemungkinan kerjasama atau investasi di wilayah ini.

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Duta Besar (Dubes) Prancis Mr Herve Ladsous ini terdiri dari 3 orang staf Kedubes Prancis dan 13 orang dari Penasehat Perdagangan Prancis, Kamar Dagang dan Industri Prancis (IFCCI) maupun beberapa perusahaan asal negeri mode tersebut.

Sebenarnya rombongan akan mendarat di Pulau Kumala Tenggarong dengan menggunakan helikopter, namun cuaca buruk berupa angin kencang dan hujan lebat yang mengguyur Kota Raja Tenggarong kemarin siang menyebabkan rombongan asal Prancis tersebut harus mendarat di Samarinda untuk selanjutnya melakukan perjalanan darat ke kota Tenggarong.

Setiba di Tenggarong, rombongan melakukan pertemuan dengan Bupati Kukar H Syaukani HR di Pendopo Odah Etam, dilanjutkan dengan kunjungan ke Kedaton Kutai Kartanegara. Sementara pada malam harinya dilakukan jamuan makam malam bersama Bupati Kukar dan para pejabat dinas/instansi pemkab Kukar di Pendopo Odah Etam, Tenggarong.

Bupati Kukar H Syaukani HR dalam sambutannya mengajak para pengusaha-pengusaha Prancis untuk berinvestasi di Kukar. Syaukani juga menjamin kemudahan dalam hal perizinan bagi investor nasional maupun asing yang berkeinginan untuk menanamkan modalnya di Kukar tanpa melalui proses birokrasi yang berbelit-belit. 

Keseriusan Syaukani dalam menggaet investor asal Prancis juga dibuktikan dengan diangkatnya Mr Roland Festor, President dan General Manager PT TotalFinaElf E&P Indonesie sebagai Penasihat Kehormatan Perekonomian dan Investasi Kutai Kartanegara.

Roland Festor sendiri dalam sambutannya menyatakan kebanggaannya dan rasa terima kasih kepada Bupati Syaukani atas kepercayaan yang diberikan kepadanya tersebut. Ia mengatakan, TotalFinaElf E&P merupakan satu-satunya perusahaan Prancis yang sudah 30 tahun beroperasi di wilayah Kukar, ia berharap masih akan banyak lagi perusahaan-perusahaan Prancis lainnya yang menanamkan modalnya di daerah ini. 

"Banyak peluang kerjasama yang dapat dijalin antara Kutai Kartanegara dengan Prancis. Bapak Dubes Prancis pasti sependapat dengan pernyataan saya ini." kata Roland Festor.

Sementara Dubes Prancis untuk RI, Herve Ladsous dalam sambutannya menyatakan sebenarnya sudah lama ia ingin bertemu dengan Bupati Syaukani HR. Beberapa kesempatan untuk bertemu telah ada namun baru pada hari ini bisa dilakukan.

"Ada beberapa kesempatan yang hilang. Pertama, ketika Bupati Syaukani hendak bertemu namun dengan sangat menyesal ternyata saya saat itu sedang berada di luar Jakarta. Kemudian yang kedua, ketika Oktober silam saya hendak berkunjung ke Kutai Kartanegara, terpaksa batal sehubungan dengan terjadinya peristiwa bom Bali," kata Dubes Herve Ladsous, "Karena bukan kesempatan yang baik untuk melakukan pertemuan dalam suasana duka seperti itu."  

Dan mengapa pada akhirnya ia datang dengan membawa rombongan besar ke Kukar, Herve menjelaskan bahwa itu karena Kutai Kartanegara adalah sebuah daerah yang penting di Indonesia. 

"Kami tahu sejarah Kesultanan Kutai Kartanegara sebagai salah satu kerajaan tertua di Indonesia. Kami juga tahu Kutai Kartanegara merupakan daerah kaya yang dikaruniai sumber daya alam yang sangat melimpah, ditunjang dengan visi, strategi dan kepemimpinan Bupati Syaukani HR." kata Herve Ladsous.

"Kami tak punya minyak tapi kami punya ide. Kalau Kukar malah punya kedua-duanya." tambah Herve disambut aplus meriah para hadirin. Dubes Prancis juga berjanji akan membantu mempromosikan daerah ini kepada negara-negara sahabat Prancis di Eropa.

Setelah kata sambutan dari Dubes Prancis, acara dilanjutkan dengan santap malam kemudian pemaparan potensi dan peluang investasi di Kukar oleh Kepala Bappeda H Bachruddin Noor yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Pada bagian akhir acara, Bupati Kukar H Syaukani HR menyerahkan cinderamata berupa sebilah mandau kepada Dubes Prancis dan beberapa anggota rombongan. (win)   

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.