KutaiKartanegara.com

CallWave

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Kukar Targetkan Produksi Gabah 185 Ribu Ton

KutaiKartanegara.com 06/01/03
Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Drs H Syaukani HR mengatakan dalam menghadapi era globalisasi seperti AFTA yang dimulai tahun 2003 ini, sangat penting untuk meningkatkan program pengembangan mutu intensifikasi khususnya padi sejak musim tanam 2002/2003.

Dengan demikian sasaran intensifikasi padi tahun 2003 (supra insus 4.470 hektare, insus 29.750 hektare dan inmum 13.760 hektare) serta sasaran produksi pada tahun 2003 185 ribu ton gabah kering giling (GKG) bisa tercapai.

"Produk pertanian tanaman pangan khususnya beras yang kita hasilkan, selain merupakan komoditas strategis juga merupakan komoditi yang diharapkan mampu bersaing di pasaran dunia," kata Syaukani saat pencanangan tanam padi dalam rangka pengembangan mutu intensifikasi padi bertempat di Desa Kerta Buana, Tenggarong Seberang, Selasa (31/12) lalu. 

Dikatakannya, Pemkab Kukar melalui Gerbang Dayaku berupaya mempercepat modernisasi pertanian, khususnya pertanian tanaman pangan. Caranya dengan pengembangan mekanisasi pertanian pada kawasan yang memiliki skala ekonomi baik tingkat petani, kelompok tani, kelompok usaha maupun kawasan sentra produksi secara terpadu dari hulu berupa produksi serta hilir diantaranya pembangunan Rice Processing Unit (RPU) dengan kapasitas terpasang 5 ton beras per jam.  

"Melalui Gerbang Dayaku juga akan dilakukan pemanfaatan sumberdaya serta budaya lokal serta secara bertahap akan kita tumbuhkembangkan program intensifikasi seperti di negara-negara maju dengan pengembangan kawasan agribisnis padi dengan sistem full mekanisasi," tandasnya. 

Pada acara itu Bupati Kukar yang didampingi Wakil Ketua DPRD Kukar Jumri Imberan menanam padi untuk mengalami penanaman oleh para petani. Selain itu, juga dilaksanakan dialog antara para petani dan Bupati. Mulai soal irigasi sampai bibit disampaikan para petani ke Bupati guna minta penanganan lebih lanjut. (oi)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.