KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Planetarium Tenggarong: Pertama di Kalimantan, Ketiga di Indonesia

Gubernur Suwarna AF dan Bupati Syaukani ketika berada di lobby Planetarium Tenggarong. (joe)

KutaiKartanegara.com 05/12/02
Planetarium Tenggarong telah berhasil diujicoba kemarin sore (04/11). Uji coba Planetarium Tenggarong ini disaksikan langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur H Suwarna AF dan Bupati Kutai Kartanegara Drs H Syaukani HR MM, beserta pejabat-pejabat dari Pemprov Kaltim dan Pemkab Kukar.

Ujicoba Planetarium yang semestinya dilakukan pada pukul 17.00 WITA tersebut mengalami keterlambatan karena kendaraan yang membawa rombongan Gubernur Suwarna harus melewati jalur Loa Janan-Loa Kulu. Dan sajian yang semestinya dimainkan dalam waktu 45 menit, terpaksa dimainkan dalam waktu 10 menit saja karena Bupati Kukar dan Gubernur Kaltim harus meninggalkan planetarium untuk berbuka bersama di Pendopo Odah Etam. Namun para hadirin cukup puas dengan sajian yang ditampilkan, terbukti dengan sambutan tepuk tangan yang cukup meriah begitu berakhirnya sajian yang menampilkan perubahan langit dari siang ke malam serta visualisasi zodiak dari bintang-bintang yang bertebaran dilangit.


Planetarium Tenggarong. (joe)

Ketiga Sejak Tahun 1969
Planetarium Tenggarong merupakan bangunan planetarium pertama yang berdiri diatas pulau Kalimantan dan merupakan planetarium yang ketiga di Indonesia sejak tahun 1969 setelah Jakarta dan Surabaya.

Melalui planetarium ini, dapat disaksikan simulasi benda-benda langit yang dipancarkan oleh sebuah proyektor ke arah kubah. Namun proyektor untuk planetarium ini bukanlah proyektor seperti yang ada di bioskop, proyektor yang digunakan pada Planetarium Tenggarong merupakan proyektor khusus yang canggih produksi Zeiss model Skymaster ZKP 3.


Proyektor ZKP 3 saat memvisualisasikan rasi bintang. (Agri)

Gambar yang dihasilkan pada kubah berdiameter 11 meter ini akan tampak realistik dengan proyektor hasil teknologi Jerman tersebut, penonton seakan-akan sedang berada di langit yang secara langsung menyaksikan keindahan antariksa yang tiada batas.

Dari informasi yang diperoleh dari situs resmi Zeiss, proyektor Skymaster ZKP 3 dapat menampilkan perubahan waktu/hari, perubahan bulan, sistem tata surya seperti planet-planet, gugus bintang dan rasi bintang, galaksi, permukaan matahari, permukaan bulan, komet, meteor, bintang jatuh dan masih banyak lagi. Sudah tentu apa yang disajikan dalam planetarium ini sangat bermanfaat bagi pelajar maupun mahasiswa di Kaltim umumnya dan Kutai Kartanegara khususnya dalam menambah pengetahuan tentang astronomi.

Gubernur Kagum
Gubernur Kaltim H. Suwarna AF menyatakan kekagumannya atas berdirinya fasilitas-fasilitas wisata modern di kota Tenggarong seperti Sky Tower, Cable Car dan yang terakhir baru diujicoba yakni Planetarium.
"Luar biasa, ternyata Kaltim adalah yang ketiga di Indonesia." kata Gubernur Suwarna AF mengomentari kehadiran planetarium di kota Tenggarong.

Sementara itu Bupati Kukar H. Syaukani HR mengatakan, dibukanya planetarium di kota Tenggarong adalah untuk membuka wawasan masyarakat khususnya generasi muda terhadap isi alam jagad raya yang begitu luas.
"Betapa kecilnya manusia setelah menyaksikan jagad raya yang maha luas ciptaan Allah SWT." kata Syaukani dalam sambutannya di Pendopo Odah Etam semalam.

Menurut rencana, Planetarium Tenggarong akan dibuka untuk umum pada saat Lebaran nanti, sehingga masyarakat luar kota yang liburan ke Tenggarong dan tentunya masyarakat kota Tenggarong sendiri sudah dapat menikmati obyek wisata pengetahuan tersebut. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.