KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Ketua APKASI: Tinjau Kembali Undang-Undang Otda

Drs H Syaukani HR MM
(Dok. Humpro Kukar)

KutaiKartanegara.com 05/02/03
Ketua APKASI Drs H Syaukani HR MM meminta pemerintah pusat untuk meninjau kembali UU No. 22/1999 tentang Pemerintahan Daerah dan UU No. 25/1999 tentang Perimbangan Keuangan Pusat-Daerah. Pasalnya beberapa pembagian belum mengakomodir keinginan daerah, demikian diungkapkan Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia Drs H Syaukani HR MM kepada Smart FM Balikpapan kemarin siang.

Menurut Syaukani, peninjauan yang harus dilakukan tersebut diantaranya adalah mekanisme desentralisasi fiskal dan pembagian hasil pengelolaan sumber daya alam yang dianggap masih terlalu kecil bagi daerah.

"Mekanisme desentralisasi fiskal sering terlambat kami terima dari pusat. Kemudian besarannya, kami seharusnya menerima lebih besar jangan diperkecil." kata Syaukani, "Sekarang baru 30% gas dan baru 15% minyak, kalau bisa sekarang ini 50% lah."

Karena itu ia berharap pemerintah pusat akan memberikan kontribusi lebih besar kepada daerah sehingga akan meminimalisir keinginan daerah untuk berdiri sendiri dan memiliki hak otonomi secara penuh.

Tolak Pembatasan Produksi Batubara
Disinggung mengenai rencana pemerintah pusat untuk membatasi produksi batubara oleh daerah, Syaukani dengan tegas menolaknya. Menurut Syaukani pembatasan produksi tersebut akan menghambat investasi batu bara yang telah dikembangkan oleh pemerintah daerah.

Selain itu menurut Syaukani pembatasan tersebut juga akan mempengaruhi PAD beberapa daerah penghasil batu bara di Indonesia. Pihaknya berharap pemerintah pusat dapat mempertimbangkan kembali rencana pembatasan tersebut. (win)

Download:
Soundbyte Syaukani HR (508,7 kB)
Kontributor: Dolvie ( SmartFM Balikpapan )

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.