KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Partisipasi Politik Kaum Perempuan Dibincangkan

Talk show yang membahas pertisipasi politik perempuan yang berlangsung di Gedung Serapo LPKK tadi siang

Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 04/05/03
Ratusan kaum perempuan dari berbagai organisasi wanita di kota Tenggarong tadi siang menghadiri acara Talk Show dengan tema "Membincang Perempuan Dalam Partispasi Politik" yang digagas   Lembaga Pemerhati dan Pemberdayaan Perempuan "Melati" (LP3M) di Gedung Serapo LPKK H Zailani Idris.

Acara talk show tersebut menampilkan bersama Dr Marwah Daud Ibrahim (politisi perempuan), Anas Urbaningrum (KPU Pusat) dan AD Kusuma Ningtyas (LSM Rahima Jakarta). Bupati Kukar H Syaukani HR yang sedianya juga tampil sebagai pembicara ternyata berhalangan hadir.

Manager Organizing Comittee LP3M, Ika Tatiana SP di awal sambutannya menjelaskan latar belakang digelarnya talk show ini yang intinya adalah secara nominal laki-laki lebih banyak mengambil posisi peniting dalam menentukan kebijakan dibanding perempuan, sementara pada realitanya secara kuantitas ternyata perempuan lah yang justru memiliki prosentase yang lebih besar dibanding laki-laki. 

"Tapi ironisnya justru aspirasi perempuan kurang terwakili dalam parlemen. Secara logika seharusnya perempuan dengan suara mayoritas tersebut mampu menentukan kebijakan penting dan mengkover aspirasinya secara proporsional." kata Ika Tatiana SP.

Menurut Ika, talk show ini diadakan agar dapat menjaring pemikiran dari berbagai pihak untuk merespons kerisauan ini, aspirasi yang disampaikan oleh berbagai kalangan secara spontan tanpa ada rekayasa media massa.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum LP3M Dra Hj Futum Hubaib MM turut menyampaikan sambutannya mengenai kiprah LP3M di Kukar yang didirikan pada tanggal 22 Nopember 2002 tersebut. 

Kegiatan talk show tersebut kemudian dibuka oleh Assisten IV Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemkab Kukar, Drs H Basran Yunus yang bertindak mewakili Bupati Kutai Kartanegara Drs H Syaukani HR MM.

Acara talk show yang berlangsung cukup menarik tersebut disiarkan langsung oleh Radio Pemerintah Kabupaten (RPK) Kukar dan akan disiarkan secara tunda oleh TVRI Samarinda. Banyak hal yang didiskusikan dan dipertanyakan para hadirin dalam talk show tersebut yang menyangkut peranan perempuan dalam dunia politik, perlunya perempuan terjun ke dunia politik dan lain sebagainya.

Anas Urbaningrum dalam pesannya kepada kaum perempuan mengatakan untuk berpolitik tidak harus berada di partai politik karena parpol hanyalah sebagai saluran saja. Kaum perempuan dapat saja berpolitik lewat rumah tangga, organisasi, ormas maupun pemerintahan.

Menurut Anas, berpolitik bukan semata-mata milik dunia parpol, namun parpol merupakan media yang paling penting sebagai pilar utama dunia politik. Tujuan perempuan terjun ke dunia politik agar ada utusan perempuan di legislatif yang dapat mengakomodir kepentingan-kepentingan perempuan.

Dr Marwah Daud Ibrahim sendiri mengharapkan agar di Kutai Kartanegara ada kaum perempuan sedikitnya 15 orang yang duduk di kursi DPRD. Untuk memasuki dunia politik, perempuan setidaknya harus memiliki target terlebih dahulu dan mengawalinya dari partai politik. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.