KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Kodim 0906 Tenggarong Raih 5 Besar Nasional

KutaiKartanegara.com 03/10/03 17:54 WITA
Jajaran Kodim 0906 Tenggarong yang dipimpin Letkol Inf Sudrajat Purbiantoro memang patut berbangga. Bagaimana tidak, dalam lomba Binsatter (pembinaan satuan teritorial) tingkat nasional, Kodim 0906 Tenggarong masuk nominasi 5 besar dari sekitar 270 Kodim di nusantara.

Untuk menentukan siapa yang terbaik, Kamis (02/10) kemarin, tim penilai dari Mabes TNI-AD yang dipimpin Mayjen TNI Sudibyo TJ dan Kol Inf SK Ginting melakukan penilaian tahap akhir dengan berkunjung langsung ke Kodim Tenggarong di Jalan Wolter Monginsidi.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Drs H Syaukani HR MM, Assisten I Sekkab Kukar HM Husni Thamrin, Wakil Ketua DPRD Kukar Ifni Djuraidi SSos, Kapolres Kutai AKB Drs Arief Wicaksono, Kejari Tenggarong Palty Simanjuntak SH, Danrem 091 ASN Kolonel Inf Hotma Marbun, unsur Pemuda, siswa-siswi SMU dan keluarga besar Kodim Tenggarong.

Sudibyo mengungkapkan masuknya Kodim 0906 Tenggarong nominasi 5 besar lomba Binsatter merupakan kebanggaan tersendiri. Pasalnya, bisa mengalahkan 270 Kodim se-Indonesia. Kodim yang masuk dalam 5 besar tersebut, antara lain Kodam II Sriwijaya yang diwakili Kodim Lampung Utara. Kodam Jaya diwakili Kodim Jakarta Pusat, Kodam IV Diponegoro diwakili Kodim Jepara, Kodam VIII Trikora diwakili Kodim Jayapura dan Kodam VI Tanjung Pura diwakili Kodim 0906 Tenggarong. "Dalam pembinaan teritorial ada 3 metode yang perlu dilakukan," ungkapnya.

Lebih jauh, Sudibyo menjelaskan metode pertama, bakti ke masyarakat. Dalam artian, bakti TNI ke masyarakat itu merupakan bakti yang tulus tanpa meminta imbalan. Kedua, pembinaan ketahanan wilayah yang diwujudkan dalam kesadaran hukum ke masyarakat. "Terakhir dan yang terpenting dalam melakukan bina teritorial adalah komunikasi sosial dengan masyarakat," jelasnya. Hal tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk kunjungan anggota TNI ke kelompok-kelompok masyrakat yang ada di sekitarnya.

Menariknya, Sudibyo dalam melakukan penilian langsung melakukan dialog interaktif dengan komponen masyarakat yang hadir. Antara lain dengan tokoh agama, pemuda, pelajar dan unsur muspida. Rata-rata ungkapan komponen masyarakat tersebut mengungkapkan hubungan Kodim Tenggarong dengan masyarakat sudah baik.

"Kami berharap Kodim Tenggarong bisa berhasil meraih juara pertama dalam lomba Binsatter ini," ungkap Subiyakto Purbiantoro, Dandim 0906 Tenggarong didampingi Kapenrem Lettu Art Azrul. Ia mengungkapkan pengumuman juara Binsatter tersebut akan diumumkan dalam pertemuan dengan Dandim se-Indonesia, tanggal 15 Oktober di Secapa AD Bandung. Dandim juga mengungkapkan keberhasilan yang diraih Kodim 0906 ini berkat kerjasama dengan semua komponen yang ada di Kukar. (kpnn/wis)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.