KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Dana Perimbangan Kukar Bakal Turun

Samsuri Aspar saat memberikan sambutan pada pembukaan Rakor Gerbangdes

Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 03/06/03
Dana Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah triwulan pertama tahun 2003 untuk Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) direncanakan awal Juni ini bakal cair setelah ditunggu-tunggu selama 5 bulan terakhir tahun ini.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Kukar, Drs H Samsuri Aspar MM ketika membuka Rapat Koordinasi Gerakan Pembangunan Pedesaan (Rakor Gerbangdes) di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kutai Kartanegara, Tenggarong Senin (02/06) kemarin.

Dana perimbangan keuangan untuk Kukar tersebut untuk keseluruhan tahun 2003 semuanya berjumlah Rp 1,7 trilyun diluncurkan ke daerah setiap 3 bulan atau per triwulan sekali.

"Mudah-mudahan awal Juni 2003 ini dana perimbangan triwulan I tersebut benar-benar sudah berada di daerah. Terus terang saja tidak konsistennya pemerintah pusat mengimplementasikan perimbangan keuangan sesuai dengan UU No 25 tahun 1999 ini banyak program pembangunan terutama yang ada di wilayah pedesaan khususnya yang telah terprogram dalam Gerakan Pengembangan Pemberdayaan Kutai (Gerbang Dayaku) menjadi tidak jalan," kata Samsuri Aspar.

Karena program Gerbang Dayaku tambah Samsuri Aspar, dananya sebesar Rp 2 milyar per desa sebagian besar berasal dari dana perimbangan sehingga dengan demikian selama 5 bulan ini tidak dapat dilaksanakan secara utuh. Samsuri meminta aparat dan masyarakat desa untuk bersabar dan tetap melaksanakan program Gerbang Dayaku dengan dana yang seadanya sesuai kemampuan Pemkab Kukar.

Program Rp 2 milyar per desa yang dicanangkan Pemkab Kukar ditujukan untuk tiga sasaran utama masing-masing pengembangan ekonomi kerakyatan, pengembangan sumber daya manusia dan pengembangan infrastruktur pedesaan. Ketiga sasaran pengembangan ini ditentukan oleh sendiri masyarakat desa kemudian dituangkan dalam buku putih yang merupakan penjabaran dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kukar tahun anggaran 2003.

Sementara Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bappemas) Kukar, Drs H Abubakar AH mengatakan, Rakor Gerbangdes dimaksudkan untuk lebih mengakomodir, mensinkronisasikan serta memantapkan usulan proyek menjadi proyek yang benar-benar bermanfaat dan dibutuhkan masyarakat desa.

Rakor Gerbangdes yang berlangsung 2 hari diikuti semua Camat dan Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan se Kukar, pimpinan dinas instansi serta perusahaan yang melaksanakan community development dan HPH Bina Desa. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.