KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Pesut Mahakam Yang Terancam Punah
Pesut Mahakam
Pesut Mahakam

KutaiKartanegara.com 02/12/02
Habitat Pesut yang hidup di perairan Mahakam kini semakin langka. Seperti yang dilansir harian Kompas pada edisi Kamis (28/11) lalu, Kepala Divisi Konservasi dan Perlindungan Pesut Yayasan Rare Aquatic Species of Indonesia (RASI), Syahrani mengatakan bahwa berdasarkan hasil survei bulan Juni lalu diperkirakan jumlah populasi Pesut Mahakam saat ini tinggal 58 ekor saja.

Survei juga menunjukkan daerah sebaran Pesut yang semakin menyempit, yakni tinggal sekitar 100 kilometer dari kawasan Muara Kaman (Kabupaten Kutai Kartanegara) hingga Melak (Kabupaten Kutai Barat). Syahrani mengatakan bahwa berkurangnya populasi Pesut Mahakam secara drastis dari 1.000 ekor pada tahun 1975 menjadi 58 ekor saja adalah akibat banyaknya Pesut yang mati karena terhantam baling-baling kapal motor maupun speedboat serta akibat terjerat jaring nelayan. Disamping itu, faktor kerusakan lingkungan juga telah menyebabkan susutnya populasi Pesut Mahakam.

Musim Kawin
Syahrani menambahkan bahwa Oktober lalu merupakan musim kawin Pesut, diharapkan populasi Pesut Mahakam akan dapat bertambah. Induk pesut rata-rata hanya melahirkan satu anak dan hanya dua kali beranak seumur hidup. Untuk bereproduksi, Pesut harus mencapai usia dewasa 12-14 tahun. Setelah menemukan pasangan, induk Pesut hamil selama 12-13 bulan. Usia Pesut paling lama 30 tahun. Induk pesut mengasuh anak selama dua tahun dan hidup dalam kelompok. Setelah dewasa, anak pesut mencari pasangan di luar kelompok.

Pesut Mahakam merupakan satwa yang langka karena di dunia hanya terdapat di tiga tempat. Selain di Kaltim, Pesut dapat ditemukan di hulu Sungai Irawadi (Myanmar) dan Sungai Mekong (Vietnam). Habitat Pesut di kedua tempat itu juga terancam punah.

Menurut survei, lumba-lumba air tawar yang tersisa di Sungai Mahakam tersebut hidup dalam tiga kelompok, yakni di sekitar Melak-Penyinggahan, Muara Kaman-Danau Semayang dan Muara Muntai-Sungai Kedang Pahu.

Aquarium Pesut
Ditengah ancaman kepunahan Pesut Mahakam tersebut, Bupati Kutai Kartanegara Drs H Syaukani HR MM pernah melontarkan gagasannya untuk menangkar Pesut Mahakam untuk ditampung dalam sebuah Aquarium Raksasa di obyek wisata modern Pulau Kumala, Tenggarong. Gagasan Bupati Kukar ini tentu saja mendapat reaksi pro dan kontra baik dari kalangan masyarakat, LSM lingkungan hidup baik yang ada di daerah maupun di Jakarta.

Syaukani menegaskan bahwa pihaknya tetap akan melakukan penangkaran Pesut Mahakam sebanyak 2 hingga 3 ekor dalam sebuah aquarium raksasa, sehingga masyarakat Kaltim sendiri dapat menyaksikan satwa langka tersebut.

"Penangkaran Pesut Mahakam ini akan dilakukan dengan sebaik-baiknya dengan melibatkan para ahli Pesut. Jika keadaannya memang tidak memungkinkan, kita akan mengembalikan Pesut tersebut ke habitat aslinya di Sungai Mahakam." kata Bupati Drs H Syaukani HR MM beberapa waktu lalu. (win)

Related Link:
>> Sekilas Tentang Pesut Mahakam (Informasi)
>> Legenda Pesut Mahakam (Cerita Rakyat Kutai)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.