KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Bupati Kukar: Pendidikan Prioritas Utama dalam Gerbang Dayaku

Para murid SD ketika mengikuti upacara peringatan Hardiknas
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 02/05/03
Puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada hari ini diperingati dalam sebuah upacara yang berlangsung tadi pagi bertempat di halaman Kantor Bupati Kutai Kartanegara. Upacara yang dipimpin langsung oleh Bupati Kutai Kartanegara Drs H Syaukani HR MM ini diikuti oleh utusan pelajar SD, SMP dan SMU se-Tenggarong, para guru, pimpinan DPRD Kukar, Muspikab dan para kepala dinas/instansi di lingkungan Pemkab Kukar.

Dalam amanat Menteri Pendidikan Nasional yang dibacakan oleh Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM dikatakan bahwa pada setiap peringatan Hardiknas kita akan selalu mengenang Ki Hajar Dewantara sebagai perintis pembangunan pendidikan nasional yang dalam hidupnya selalu gigih bejuang memajukan pendidikan dan mencerdaskan di tanah air.

Pendidikan pada hakekatnya merupakan proses pembangunan peradaban bangsa, oleh karena itu pendidikan harus bertumpu pada konsep pertumbuhan, pengembangan, pembaharuan dan kelangsungannya hingga penyelenggaraan pendidikan nasional harus dikelola secara dinamis dan profesional.

Menurut Mendiknas, bidang pendidikan perlu memiliki satu sistim pendidikan nasional yang mantap sebagai pedoman dan pegangan yang mampu menjawab tuntutan masyarakat.

Dalam peringatan Hardiknas kali ini tema yang diambil adalah "Dengan Semangat Hardiknas, Kita Mantapkan Sistim Pendidikan Nasional Dalam Rangka Membangun Manusia Indonesia Yang Berkualitas". Sehubungan dengan hal itu, diharapkan bangsa Indonesia segera memiliki Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional yang baru sebagai pengganti UU No 2 Tahun 1989.

Diakhir sambutan tertulisnya, Mendiknas Malik Fajar mengajak semua pihak untuk berjuang bersama membangun manusia Indonesia yang berkualitas.

Setelah membacakan amanat Menteri Pendidikan Nasional, Syaukani HR menambahkan bahwa pada dasarnya pendidikan dan kesehatan telah menjadi proritas utama dalam Gerangan Pengembangan dan Pemberdayaan Kutai (Gerbang Dayaku), selain pertanian dan pariwisata.

"Adapun strategi utama Gerbang Dayaku dalam peningkatan kualitas SDM tidak hanya difokuskan pada pembebasan SPP bagi seluruh pelajar SD, SMP dan SMU baik negeri maupun swasta yang ada di Kutai Kartanegara, pemberian beasiswa bagi mahasiwa Unikarta dan mahasiswa Kukar yang menempuh pendidikan di luar daerah, pemberian insetif kepada guru, bantuan kendaraan bagi tenaga pendidik serta angkutan pelajar berupa bus Gerbang dayaku." kata Bupati H Syaukani HR.

Menurut Syaukani, pemkab Kukar akan terus melengkapi fasilitas-fasilitas sekolah seperti perpustakaan, laboratorium serta sarana dan prasarana lain, termasuk perbaikan bangunan sekolah.

Syaukani juga mengatakan, Kukar juga telah menjalin kerjasama dengan sistercity di AS yakni Washington County dalam rangka meningkatkan pendidikan antara Unikarta dengan salah satu universitas di negara bagian Oregon. Selain dengan AS, Kukar juga akan menjalin kerjasama dengan Australia untuk mendidik guru Bahasa Inggris tingkat SD.

"Kita harapkan MOU atau nota kesepahaman antara Pemkab Kukar dengan University of Southern Queensland Australia segera terealisasi dalam rangka meningkatkan kualitas SDM di Kukar. Kita akan kirimkan guru-guru terbaik untuk belajar di Australia selama 1,5 tahun. Ini merupakan bentuk penghargaan dari pemkab Kukar dalam rangka menyambut Hardiknas dan hadiah kepada guru." kata Syaukani yang langsung mendapat aplaus meriah dari seluruh peserta upacara.


Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM menyerahkan hadiah kepada Juara I Lombang Menggambar Tingkat SD

Photo: Yanda

Usai upacara peringatan tersebut, acara diisi dengan penyerahan piala dan hadiah kepada para pemenang lomba dalam Festival Hardiknas 2003 yang berlangsung pada tanggal 26-28 April lalu serta penyerahan hadiah dan penghargaan kepada pembaca terlama Perpustakaan Umum Tenggarong.

Untuk kategori Lomba Menggambar tingkat SD, pemenang pertama diraih oleh Goldie Melinda W dari SD Muhammadiyah Tenggarong. Juara kedua, Sasa juga dari SD Muhammadiyah Tenggarong dan juara ketiga diraih Siti Heiranisya dari SDN 002 Tenggarong. Sedangkan Lomba Menggambar untuk tingkat SMP, semuanya diraih para pelajar dari SMPN I Tenggarong yakni Farida Miaty sebagai Juara I, juara kedua Novira Cahya Wulan Sari, juara ketiga Harlinda AR. Untuk Juara Favorit dari Lomba Menggambar SD/SMP tersebut diraih oleh Hayuningtyas Dyah Pituputri.

Sementara untuk pemenang Lomba Puisi tingkat SD, Juara I diraih oleh Winda A dari SDN 002 Tenggarong, Juara II Mega Rahmadiani dari SD Muhammadiyah Tenggarong, Juara III Siti Heranisa dari SDN 002 Tenggarong. Untuk Lomba Deklamasi tingkat SD, Juara I adalah Gri Zelda dari SDN 015 Tenggarong, Juara II Rizky Y (SDN 002 Tenggarong) dan Juara III Atika (SDN 002 Tenggarong).

Untuk kategori Lomba Tari Kreasi tingkat SD, Juara I diraih grup Persahabatan Abadi dari SDN 028 Tenggarong, sebagai Juara II adalah grup Asereje dari SDN 002 Tenggarong dan Juara III diraih grup Forever juga dari SDN 002 Tenggarong. Sedangkan untuk kategori Lomba Tari Kreasi tingkat SLTP/SMU, terbaik pertama jatuh kepada grup Papupie Dance dari SMUN 2 Tenggarong, Juara II grup SG Studio dari SMUN I Tenggarong dan Juara III Vinkee Star Dance dari SMPN 3 Tenggarong. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.