KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Kereta Gantung Mulai Dioperasikan Bulan Ini

KutaiKartanegara.com 02/02/03
Awal bulan ini, warga Kota Raja Tenggarong dan para wisatawan yang datang ke kota ini sudah bisa menikmati fasilitas kereta gantung. Dengan demikian, bertambah alternatif untuk bisa menjangkau objek wisata Pulau Kumala selain melalui jalur sungai. Bahkan dengan memanfaatkan kereta gantung, masyarakat umum akan bisa menikmati pemandangan Kota Tenggarong dari ketinggian.

Pimpinan Proyek Pembangunan Kereta Gantung dari Dinas Cipta Karya Kutai Kartanegara (Kukar), Ir Sulaiman, mengatakan pengoperasian kereta gantung baru pada bulan Pebruari karena menunggu selesainya pelatihan terhadap 12 orang yang nantinya berperan sebagai operator. Pelatihan operator ini dilaksanakan sejak 28 Januari 2003 selama sepekan.

"Kalau proyek pembangunannya sendiri sudah selesai pada September 2002 lalu dan sempat dioperasikan saat Erau dan Festival Keraton Nusantara III." kata Sulaiman menjelaskan proyek senilai Rp 29,5 miliar yang mulai dibangun pada bulan Pebruari setahun yang lalu.

12 orang yang ikut pelatihan operator itu, lanjut Sulaiman, tak lain warga Tenggarong sendiri dengan pelatih dari Austria. Juga, karena harus menyesuaikan jadwal pelatih Austria itulah sehingga baru Pebruari pengoperasian kereta gantung bisa dilaksanakan.

"Kereta gantung itu teknologinya memang dari Austria. Sehingga kita perlu melakukan alih teknologi," katanya sembari menegaskan bahwa dari segi kelayakan operasional kereta gantung tidak ada masalah, khususnya dari aspek keamanan.

Dalam master plan taman wisata Pulau Kumala, kereta gantung berada dalam Zona III, yakni hutan dan preservasi. Pada zona dengan luas 24,5 hektare dari luas Pulau Kumala 76 hektare tersebut juga terdapat Sky Tower, Rumah Puja, Lamin Wahau, Lamin Mancong, rel kereta api mini, jogging track/picnic area, stasiun oto, cottage, danau buatan dan dermaga service. (oi)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.