KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

17 Agustus, Kukar Tampil di Istana Kepresidenan Jakarta

Istana Merdeka, tempat berlangsungnya puncak peringatan HUT RI ke-58
Photo: Griya-Asri.com

KutaiKartanegara.com 01/08/03 22:45 WITA
Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tahun ini mendapat kehormatan dari Sekretariat Presiden Republik Indonesia (RI) untuk tampil di Istana Kepresidenan Jakarta, dalam puncak peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-58 pada tanggal 17 Agustus 2003 mendatang.

Sebuah anjungan Kukar telah disiapkan di kawasan Istana Kepresidenan Jakarta yang terdiri dari Istana Merdeka dan Istana Negara tersebut. Anjungan ini nantinya akan diisi dengan pameran berupa hasil-hasil pembangunan serta potensi-potensi daerah dan pariwisata Kukar, tak ketinggalan produk-produk seni kriya atau hasil kerajinan tangan dari Kukar.

Peringatan kemerdekaan RI di lingkungan Istana Kepresidenan ini juga akan disemarakkan dengan pertunjukan kesenian berupa tarian dari suku Dayak, Kutai Melayu dan Kutai Keraton, termasuk pertunjukan kesenian musik tingkilan yang akan berlangsung dalam dua sesi yakni pagi dan sore.

"Ada lima materi yang akan ditampilkan di Jakarta yakni tarian Dayak Kenyah, tarian Dayak Benuaq, tarian Kutai Melayu, tarian Kutai Keraton dan musik khas Kutai yakni tingkilan," kata Misra Budiarto AX selaku Koordinator Tim Kesenian Kukar ke Jakarta yang akan dipimpin langsung ketua rombongan, Ir Koesmartono MBA yang juga Assisten III Bidang Administrasi dan Aparatur Pemkab Kukar.

Menurut Misra, rombongan kesenian akan terlebih dahulu tampil di Taman Mini Indonesia Indah dan Istana Bogor pada tanggal 14 Agustus, kemudian melakukan gladi bersih di kawasan Istana Negara pada tanggal 15 Agustus dan tampil pada puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI tepat tanggal 17 Agustus 2003.


Pemotretan model asal Kukar untuk cover Profil Kutai Kartanegara beberapa waktu lalu di Istana Negara

Photo: Agri

10.000 Profil Kukar Dicetak
Tema 'Kutai Kartanegara' yang diangkat dalam puncak peringatan kemerdekaan RI ini merupakan sebuah kehormatan sekaligus sebuah promosi yang sangat strategis bagi Kukar karena pada kesempatan tersebut hanya Kabupaten Kukar yang tampil tunggal dan menjadi perhatian.

Menurut A Thohir, Kepala Biro Pers dan Media Sekretariat Presiden RI kepada KutaiKartanegara.com di Jakarta beberapa waktu lalu, pihaknya akan mencetak sedikitnya 10.000 profil daerah Kutai Kartanegara yang akan dibagi-bagikan kepada para undangan penting yang hadir pada 17 Agustus nanti, seperti para Duta Besar negara-negara sahabat, perwakilan lembaga-lembaga dan organisasi-organisasi internasional, para menteri, anggota lembaga-lembaga tinggi negara, keluarga pahlawan dan masih banyak lagi tamu-tamu penting lainnya.

Profil Kutai Kartanegara yang akan dicetak tersebut akan berisi informasi-informasi mengenai daerah Kutai Kartanegara. Untuk menghiasi sampul profil Kukar tersebut bahkan pihak Biro Pers dan Media Sekretariat Presiden RI telah melakukan pemotretan terhadap dua orang model putra-putri Kutai asli yakni Delly dan Faisal bertempat di lingkungan Istana Negara pada pertengahan Juli lalu.

Delly yang juga cucu dari Sultan Kutai Kartanegara ing Martadipura H Adji Mohd Salehoeddin II ini mengenakan busana Ta'wo khas Keraton Kutai Kartanegara, sementara Faisal mengenakan pakaian adat suku Dayak Kenyah lengkap dengan perisai dan sebilah mandau. (win)

Link:
Istana Kepresidenan Republik Indonesia

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.