KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Perampok Tewas Didor Petugas
Satu Polisi dan Satu Warga Tertembak

KutaiKartanegara.com 01/04/03
Kemarin sore sekitar pukul 17.30 WITA hingga menjelang senja, kota Tenggarong benar-benar heboh dan mencekam. Terutama di bilangan Jalan Udang Kelurahan Timbau, dengan adanya aksi tembak-menembak antara anggota Buser Poltabes Samarinda yang dibantu anggota Polres Kutai, melawan 2 tersangka yang sudah kerap melakukan perampokan.

Kejadian yang banyak menarik perhatian ratusan warga sekitar itu, bermula dari pengintaian yang dilakukan oleh anggota Buser Poltabes Samarinda. Delapan anggota Opsnal Satserse Poltabes Samarinda tersebut mencurigai dan mengawasi gerak-gerik Yusran Maulana (34), warga dengan KTP beralamat di Jl Sendang Desa Ngajum Kecamatan Ngajum Kabupaten Malang. Yusran juga ditemani seorang rekannya yang belakangan diketahui bernama Usnan (33), warga Jl Dr Sutomo Gang 7 RT 209 Samarinda Ulu.

"Informasi yang diperoleh anggota tersebut, Yusran dan Usnan merupakan tersangka yang sudah sering melakukan tindak kejahatan berupa perampokan dan pencurian," ucap Kapolres Kutai AKBP Drs Arief Wicaksono.

Semula anggota Buser Poltabes Samarinda yang mulai bertolak dari markasnya sekitar pukul 15.00 WITA, hendak membekuk 2 pelaku di bilangan Desa Teluk dalam, Kecamatan Tenggarong Seberang. Mengingat situasinya kurang memungkinkan, akhirnya saat Yusran dan Usnan melintas di Jl Udang, Tenggarong, keduanya lalu dicegat.

Ternyata bukannya menyerah, Yusran segera mengambil sepucuk pistol yang sebelumnya berada di pinggang Usnan. Tersangka lalu mengarahkan tembakan kepara para polisi yang bermaksud membekuknya. Sementara Usnan lalu melawan dengan sebilah senjata tajam miliknya.

Tak pelak lagi, seperti layaknya film koboi di televisi, aksi tembak-tembakan langsung terjadi. Yusran dan Usnan terus memberikan perlawanan sembari berusaha melarikan diri. Keduanya lalu bersembunyi di sebuah bangunan rumah yang belum jadi.

"Anggota dari Polres Kutai langsung datang ke TKP setelah dikontak oleh anggota Polres Samarinda tersebut," tambah Arief. Kendati sudah dikepung oleh puluhan polisi yang banyak menggenggam senjata api, ternyata perlawanan Yusran dan Usnan semakin sengit.

Dalam sebuah kesempatan polisi berhasil menangkap Usnan, setelah sebelumnya memberikan sebutir timah panas di bagian belakang lelaki itu. Lain halnya dengan Yusran, melihat rekannya tertangkap, tembakan yang dilepaskannya semakin ganas.

Situasi semak belukar di sekitar bangunan rumah yang digunakan Yusran bersembunyi, ditambah kondisi yang mulai gelap, membuat Yusran sedikit bebas untuk melawan. Saat tembak-menembak terjadi, seorang warga sekitar bernama Herlambang (29), warga Jl Patin yang bekerja di bengkel las dekat TKP, tertembak bagian paha kirinya akibat peluru yang keluar dari moncong pistol Yusran.

Bahkan saat anggota terus bergerak untuk membekuk Yusran, seorang anggota Polres Kutai, Brigpol Reinhart Nixon terkapar tertembus peluru pistol di tangan tersangka. Kondisi tersebut memaksa anggota lain mengintensifkan serangan mereka.

Apalagi Yusran juga sepertinya semakin kalap dengan menghamburkan pelurunya ke arah polisi. Dalam sebuah kesempatan, seorang anggota berhasil menembak tepat disekitar mata kanan Yusran. Tak lama setelah itu tidak terdengar lagi serangan balasan dari tersangka. Benar saja, saat diperiksa, Yusran sudah tergeletak dan langsung dilarikan ke RSU AM Parikesit Tenggarong.

"Ternyata nyawa yang bersangkutan tak bisa tertolong lagi dan tewas setibanya di rumah sakit itu," kata Kapolres Kutai. Kabarnya Yusran dan Usnan akan melakukan aksi perampokan berikutnya di kota Tenggarong ini, tetapi niat keduanya tidak tercapai manakala polisi mencium rencana tersebut. (idn)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.