KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Lambang Daerah Kukar Yang Baru Telah Disetujui Bupati

KutaiKartanegara.com 31/01/03
Kemarin pagi bertempat di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kutai Kartanegara berlangsung acara penyerahan penghargaan kepada 10 nominator lomba desain lambang daerah Kabupaten Kutai Kartanegara. Selain penghargaan berupa piagam kepada 10 nominator, juga diberikan hadiah uang tunai kepada 5 pemenang terbaik masing-masing sebesar Rp 2 juta.

Kelima peserta terbaik tersebut adalah Muhidin S.Sos (nomor peserta 20), Heru Imam Hambali (34), Happy Cipto Budiyono ST (36), Djoeri D (46) dan Kecamatan Anggana (78).

Sekretaris Tim Penilai yang juga Kabag Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Kukar M Indra SE MM dalam laporannya mengatakan proses pemilihan lambang daerah ini dilakukan dalam beberapa tahap, mulai dari pendaftaran sayembara yang diikuti sebanyak 90 peserta sejak September tahun lalu, kemudian disaring menjadi 10 nominator untuk mempresentasikan karyanya pada tanggal 18 Desember 2002. Dari 10 nominator ini kemudian dipilih 5 pemenang yang mana salah satu unsur dari 5 karya terbaik tersebut dikolaborasikan kedalam satu lambang daerah Kukar yang baru.

Setelah melalui rapat yang dilakukan pada tanggal 27 Desember 2002, barulah tim penilai mengajukan satu rancangan lambang daerah hasil kolaborasi 5 karya terbaik yang akhirnya mendapat persetujuan dari Bupati H Syaukani HR. Menurut Indra, lambang daerah Kukar yang baru ini akan dibuatkan perda-nya oleh DPRD Kukar dan akan disosialisasikan ke seluruh dinas/instansi dari tingkat kabupaten hingga kecamatan.

Setelah penyerahan penghargaan kepada 10 orang nominator oleh Wakil Bupati Drs Samsuri Aspar MM dan beberapa pejabat, acara dilanjutkan dengan presentasi lambang daerah Kabupaten Kutai Kartanegara yang baru oleh Sekretaris Tim Penilai M Indra SE MM dan Usman Achmad, salah seorang anggota tim penilai.

Pada lambang Kukar yang baru ini terdapat gambar Arca Lembu Suana yang memiliki makna sebagai sumber kekuasaan dan kewibawaan pemerintah daerah, gambar Menara sebagai lambang cita-cita yang agung dan tinggi, Jembatan Kartanegara sebagai simbol pemersatu daerah di Kukar, Air atau Gelombang yang menyimbolkan dinamika kehidupan dalam pembangunan.

Unsur-unsur lambang daerah lama yang masih dipertahankan diantaranya adalah gambar bintang, gong, mandau, tombak, keliau (perisai suku Dayak), padi dan kapas. Sementara slogan "Tuah Himba Untung Langgong" diganti menjadi "Bena Benua Etam" yang berarti kepedulian atau partisipasi masyarakat terhadap daerah kita. (win)

Informasi Terkait:
Lima Lambang Terbaik Akan Digabung (24/12/02)

10 Nominator Presentasikan Lambang Baru Kukar (18/12/02)

Pengumuman Sayembara Pembuatan Design Lambang Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (10/09/02)

Lomba Desain Lambang Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara (23/08/02)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.