KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Awal April, Pendaftaran Pemilih dan Pendataan Penduduk Dimulai
pemilu2004.gif (2616 bytes)

KutaiKartanegara.com 29/03/03
Berkaitan pelaksanaan Pemilu 2004, Badan Pusat Statistik (BPS) Kutai Kartanegara (Kukar) akan mendata penduduk secara lengkap. Caranya mengunjungi setiap rumah (door to door) mulai 1 April hingga 30 April 2003. Dengan demikian, diharapkan pendataan penduduk yang menyeluruh dan berkelanjutan bisa dijadikan bahan untuk membangun basis data kependudukan yang sangat diperlukan.

"Hal itu untuk menindaklanjuti kesepahaman antara BPS dengan Menteri Dalam Negeri, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang ditandatangani 2 Oktober 2002 lalu. BPS bertugas sebagai pelaksana pelatihan, pendataan dan pengolahan (LDO) dalam pendaftaran pemilih dan pendataan penduduk berkelanjutan (P4B)," kata Kepala BPS Kukar Budijono Z SE, kemarin.

Lebih lanjut dikatakan, sebagai tahap awal dilaksanakan pelatihan petugas secara berjenjang. Mulai pelatihan instruktur utama (Intama), pelatihan petugas instruktur nasional (Innas), pelatihan petugas instruktur daerah (Inda) dan terakhir pelatihan petugas lapangan. Pelatihan petugas lapangan di Kukar diikuti 518 petugas yang terbagi 18 TC di seluruh kecamatan yang terdiri calon petugas pendata lapangan (PDL) sebanyak 402 orang, calon petugas pemeriksa (PML) 80 orang, dan koordinator teknis kecamatan (KTK) 18 orang serta koordinator teknis kecamatan (KTK) 18 orang.

"Sebagai instruktur dalam pelatihan ini adalah para koordinator statistik kecamatan dan mitra statistik yang berpengalaman dalam kegiatan perstatistikan," tandasnya.

Dengan mengikuti pelatihan, lanjut dia, peserta diharapkan memiliki pemahaman konsep dan definisi berkaitan informasi yang dikumpulkan. Di Kukar, petugas akan mengunjungi 115.867 rumah tangga atau ekivalen dengan kurang lebih 460 ribu jiwa yang tersebar di wilayah Kukar. Selain itu, 30 April 2003 nanti petugas khusus (PDDK) akan melakukan pendataan bagi penduduk yang tidak bertempat tinggal tetap seperti gelandangan, awak kapal berbendera Indonesia yang sedang berlabuh dan suku terasing. Dalam bertugas itu, PDDK akan melibatkan berbagai unsur seperti aparat keamanan, tramtib dan sosial. (oi)

Related Link:
>> Pengumuman Bupati Kutai Kartanegara tentang P4B

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.