KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Libur Panjang Lebaran, Tenggarong Diserbu Pelancong

Museum Mulawarman yang ramai dikunjungi pelancong siang tadi

Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 27/11/03 22:12 WITA
Libur panjang Lebaran Idul Fitri 1424 H benar-benar dimanfaatkan masyarakat Kalimantan Timur untuk bersilaturahmi mengunjungi sanak keluarga maupun berekreasi bersama keluarga. Dan kota Tenggarong yang kini sedang giat-giatnya berdandan menjadi kota wisata di Kaltim tampaknya benar-benar telah menjadi pilihan warga untuk berekreasi.

Semenjak hari kedua Lebaran hingga hari ini, lalu-lintas dari arah Jembatan Kartanegara atau KM 5 Tenggarong tampak lebih ramai dari biasanya. Ratusan kendaraan roda dua dan mobil pribadi, puluhan bus dan truk dari luar kota yang sarat dengan penumpang mulai memasuki kota Tenggarong mulai pagi hingga siang hari.


Puluhan sepeda motor pelancong yang diparkir di dermaga penyeberangan Pulau Kumala
Photo: Agri

Rombongan warga dari Samarinda, Balikpapan, Bontang maupun daerah-daerah lainnya ini datang ke Tenggarong untuk menjumpai sanak keluarga sekaligus berwisata di Kota Raja Tenggarong. Namun banyak pula yang datang ke Tenggarong hanya untuk berwisata. Berdasarkan pemantauan KutaiKarta- negara.com, beberapa obyek wisata di kota Tenggarong banyak diserbu para wisatawan lokal ini seperti Museum Mulawarman, Planetarium Jagad Raya, Pulau Kumala dan Museum Kayu yang berada di kawasan Waduk Panji-Sukarame.

Museum Mulawarman yang terletak di jantung kota Tenggarong sejak pagi hingga sore hari tampak dipadati para pelancong, kompleks istana Kesultanan Kutai Kartanegara ini memang telah lama menjadi primadona pariwisata Kalimantan Timur. Begitu pula Planetarium Jagad Raya yang letaknya tak jauh dari Museum Mulawarman, satu-satunya planetarium di pulau Kalimantan ini juga cukup diminati rombongan keluarga dari kota-kota utama di Kaltim.


Suasana kesibukan di dermaga penyeberangan Pulau Kumala
Photo: Agri


Usai berekreasi, sebagian pelancong beristirahat di taman tepi sungai Mahakam sambil menikmati makanan atau minuman
Photo: Agri

Namun, kunjungan ke pusat rekreasi dan wisata Pulau Kumala tampaknya yang paling diminati para pelancong yang bertandang ke kota Tenggarong. Ramainya aktivitas penyeberangan ke Pulau Kumala dalam dua hari ini membuktikan bahwa kawasan wisata Pulau Kumala telah menjadi tujuan wisata favorit masyarakat Kaltim. Ratusan kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat para pelancong Pulau Kumala bahkan tak dapat lagi tertampung di areal parkir yang tersedia, puluhan kendaraan roda empat terpaksa diparkir di tepi jalan sepanjang Jalan Sudirman hingga Jalan KH AKhmad Muksin.

Fasilitas Sky Tower di Pulau Kumala yang sempat tidak beroperasi kemarin karena mengalami perbaikan dan perawatan, sejak tadi pagi sudah dapat digunakan kembali. Berkali-kali Sky Tower ini menaik-turunkan penumpang untuk menyaksikan pemandangan kota Tenggarong dari ketinggian 75 meter dari atas permukaan tanah. Fasilitas Cable Car atau kereta gantung yang menghubungkan Pulau Kumala dengan Tenggarong Seberang pun tampak bolak-balik tak ada hentinya sejak pagi hingga sore.

Sementara, kawasan Jembatan Kartanegara dan taman Jam Bentong juga tak luput dari perhatian para pelancong. Sebelum meninggalkan Tenggarong, para pelancong ini berkesempatan berhenti sejenak untuk beristirahat atau sekedar mengambil foto dengan latar belakang jembatan atau Jam Bentong.

Diperkirakan serbuan para wisatawan lokal menuju kota Tenggarong akan terus mengalir selama beberapa hari ini dan akan mencapai puncaknya pada hari Sabtu (29/11) atau Minggu (30/11) lusa. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.