KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Kukar Juara Dua dalam Workshop Internet

Para peserta workshop ketika sedang mengerjakan tugas mandiri pembuatan situs web

Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com 27/06/03 23:30 WITA
Kutai Kartanegara meraih penghargaan sebagai juara kedua dalam Workshop "Pengembangan dan Pengelolaan Situs Web Pemda" yang berlangsung di Indosat Training and Conference Center (ITCC) Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Kelompok Kutai Kartanegara yang diwakili M Agri Winata ST (CEO KutaiKartanegara.com) dalam kegiatan tugas mandiri workshop tersebut menampilkan simulasi situs web KotaTenggarong.go.id. Juara pertama dan ketiga sendiri jatuh kepada kelompok dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan simulasi situs web JawaBarat.go.id dan Badan Kepegawaian Daerah Jabar.

Tugas mandiri pada workshop internet tersebut dikerjakan hanya dalam waktu 2 jam dan dilakukan secara berkelompok ataupun perorangan dengan pembagian sebanyak 31 kelompok. Kutai Kartanegara sendiri dibagi dalam dua kelompok, selain diwakili oleh M Agri Winata selaku pengelola situs web KutaiKartanegara.com juga oleh Zainul Effendi Joesoef SSos dan Nopianda dari Sub Bagian Pengumpulan Informasi Bagian Humas Protokol Pemkab Kukar yang pada workshop tersebut menampilkan simulasi situs web HumasKukar.go.id.

Kegiatan workshop internet yang digelar portal berita Detik.com bekerjasama dengan Kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI pada tanggal 23-25 Juni ini diikuti sebanyak 63 peserta dari utusan pemerintah provinsi/kabupaten/kota di Indonesia, diantaranya adalah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banten, Riau, Kota Surabaya, Kota Medan, Palembang, Semarang, Magelang, Sukabumi, Bukittinggi, Kabupaten Klaten, Natuna, Bengkalis, Sragen, Rokan Hulu dan masih banyak lagi. Selain diikuti kalangan pemerintah daerah, kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa kalangan swasta yang bergerak di bidang teknologi informasi.

Workshop internet ini diisi dengan materi Pengembangan dan Pengelolaan Situs Web Pemerintah Daerah, Perencanaan Situs Web, Infrastruktur Situs Web, Desain Arsitektur Informasi sampai Usabilitas, Situs Web Statis dan Dinamis, serta Promosi dan Evaluasi Situs Web, yang semuanya disampaikan oleh pihak Detik.com dan Kantor Menkominfo.

Setelah materi disampaikan, para peserta workshop yang dibagi dalam 31 kelompok kemudian diberi tugas mandiri berupa praktek perencanaan dan pembuatan sebuah situs web pemda. Penilaian dari tim Detik.com diberikan kepada hasil karya peserta yang implementasinya memiliki kesesuaian dengan tujuan serta detil-detil yang disusun dalam perencanaan awal.


Agri Winata ketika mempresentasikan situs KutaiKartanegara.com

Photo: Yanda

Bedah Situs Web
Kegiatan workshop yang berlangsung di ITCC ini juga diisi dengan kegiatan bedah situs web. Pada kesempatan tersebut ada 4 peserta workshop yang mempresentasikan situs web yang dikelolanya dalam waktu 5 menit, kemudian para kritikus web dari Detik.com termasuk para peserta memberikan ulasan berupa saran dan kritik baik dari segi isi, desain dan infrastruktur dari situs web yang dipresentasikan tersebut.

Empat situs web yang diberikan kesempatan untuk diulas tersebut adalah situs web Center for Local Government Innovation atau www.clgi.go.id, NatunaWisata.com, PempropSumsel.go.id dan KutaiKartanegara.com.

M Agri Winata menjelaskan bahwa KutaiKartanegara.com bukanlah sebuah situs pemerintah daerah seperti yang disangka banyak user internet selama ini. Situs yang diluncurkan secara diam-diam pada awal tahun 2001 ini dibangun karena dorongan hobi dan panggilan selaku putra daerah untuk memperkenalkan daerahnya sendiri kepada masyarakat luas melalui media internet.

Pada umumnya para kritikus web dari Detik.com memberikan pujian terhadap desain atau tampilan situs web KutaiKartanegara.com, kelengkapan informasi yang diberikan serta aplikasi program web yang digunakan. Mereka menyarankan agar navigasi menu pada bagian atas halaman web dapat sedikit dikurangi dan hanya menampilkan menu yang diutamakan saja. Juga disarankan agar diterapkan Content Management System yang memudahkan tim dalam mengirimkan informasi terkini didalam situs.


Para pembicara dalam Diskusi Panel, dari kiri ke kanan: Pimred Detik.com Budiono Darsono, Suhono Harso Supangkat (ITB), Djoko Agung Harijadi (Asdep e-Government Menkominfo), Santoso (Datascript) dan moderator Donny Budi Utoyo (ICT Media Watch)

Photo: Yanda

Diskusi Panel
Kegiatan workshop internet ini diakhiri dengan Diskusi Panel dengan tema "Menyiapkan Kultur Menuju e-Government" yang menampilkan 4 orang panelis yakni Suhono Harso Supangkat (Direktur Pusat Inkubasi Bisnis ITB, Task Force e-Government), Djoko Agung Harijadi (Asisten Deputi Urusan e-Government Menkominfo), Budiono Darsono (Pemimpin Redaksi Detik.com) dan Santoso dari Datascript. Diskusi ini dimoderatori oleh Donny Budi Utoyo dari ICT Media Watch.

Dalam diskusi panel yang diisi dengan tanya-jawab tersebut disinggung berbagai persoalan mengenai pengelolaan situs web pemda. Salah satu yang ditanyakan oleh peserta dari Padang adalah mengenai pihak-pihak yang berwenang dalam mengelola situs web tersebut, karena pada beberapa daerah banyak dijumpai bahwa situs web pemda dikelola oleh Kantor Pusat Data Elektronik (PDE), Humas, Bappeda maupun dinas/instansi lainnya.

Menjawab hal itu, dikatakan oleh Djoko Agung memang belum ada peraturan dari pemerintah pusat mengenai siapa yang berhak mengelola situs web pemda. "Dengan adanya UU Nomor 22 tahun 1999 mengenai otonomi daerah, sepenuhnya diserahkan kepada gubernur, bupati atau walikota untuk mengatur sendiri masalah pengelolaan situs web pemda tersebut," kata Djoko Agung. (win/zej/nop)

Berita Terkait:
>> Kutai Kartanegara Ikuti Workshop Internet di Jabar (24/06/03)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.