KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Polres Kutai Sosialisasikan Protap

KutaiKartanegara.com 21/06/03 12:35 WITA
Dalam menanggulangi unjukrasa, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) telah dilengkapi dengan prosedur-prosedur tetap (protap). Namun demikian dalam pelaksanaan di lapangan, masih ada saja anggota Polri yang kelewat batas. Karena itu, bertempat di Aula Mapolres Kutai, Jumat (20/6) kemarin, Wakasat Brimob Polda Kaltim Kompol Drs Sidik Purwoko memaparkan empat aturan protap yang berlaku di jajaran Polri.

Kompol Sidik menguraikan empat protap dalam menanggulangi berbagai bentuk unjukrasa. Mulai dari protap No 6R tahun 1998 yang mengatur tentang penanganan unjuk rasa damai, kemudian dilanjutkan dengan bentuk penanganan unjuk rasa yang tertuang dalam protap No 10 tahun 1998 dan protap No 15 tahun 1998. "Dalam protap ini diatur tentang penyiapan Polri dalam tindakan tegas," ungkap Sidik.

Ia kemudian menguraikan dalam protap ini indikasinya berbentuk massa dalam jumlah besar, heterogen dan massa sudah terprovokasi. Kasat Brimob Polda Kaltim ini kemudian melanjutkan pemaparan tentang protap No 9 tahun 1998, tentang tindakan penjarahan yang sudah anarkis.

Sidik juga mengungkapkan dalam penanganan unjuk rasa pimpina kesatuan wilayah mempunyai peranan penting. "Sedangkan pasukan brimob dalam hal ini hanya mem-back-up dari belakang saja," ujarnya.

Ia kemudian menguraikan berbagai peristiwa penanganan unjuk rasa yang pernah ditanganinya. Yang pada dasarnya berhasil ditangani berkat kerjsama yang baik dengan kesatuan wilayah. Di akhir pertemuan tersebut, disadari protap yang sudah ada tersebut perlu dilakukan simulasi dan latihan.

Sementara itu, Kapolres Kutai AKBP Drs Arief Wicaksono yang memimpin pertemuan tersebut mengungkapkan, dengan sosialisasi protap ini diharapkan ada kesamaan pandangan dalam menangani masalah unjukrasa.

"Kendati kegiatan ini berlangsung cukup singkat, diharapkan dapat dipahami, dimengerti dan dilaksanakan," kata Kapolres di hadapan peserta sosialisasi protap yang jumlah sekitar 52 orang. Tampak hadir juga Wakapolres Kutai, Kompol Drs M Seno Putro, para Kasat dan Kapolsek di jajaran Polres Kutai. (wis)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.