KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Kukar Tak Akan Berikan Sedikit Pun Wilayahnya ke Bontang

KutaiKartanegara.com 21/03/03
Adanya upaya elit politik asal Kota Bontang untuk membujuk warga Desa Santan Ilir Kecamatan Marang Kayu Kukar, untuk "bergabung" dengan Bontang, mendapat sikap keras dari Pemkab Kukar.

Melalui Assisten I bidang Hukum dan Pemerintahan Sekkab Kukar, Drs HM Husni Thamrin menjelaskan, Kutai Kartanegara tak akan memberikan sedikitpun wilayahnya ke Pemkot Bontang.

"Kukar tidak akan memberikan lagi wilayahnya yang ada saat ini kepada Pemkot Bontang. Silakan saja jika ada warga Kukar yang ingin bergabung ke Bontang, tetapi daerahnya tidak," ujar Husni Thamrin.

Pernyataan tersebut diungkapkannya ketika menerima beberapa tokoh masyarakat Desa Santan Ilir, dipimpin Kadesnya, H Abdul Hamid dan beberapa tokoh masyarakat, pemuda dan LSM asal desa tersebut beberapa waktu lalu.

Kedatangan para tokoh warga itu, tak lain untuk mengetahui sikap Pemkab, soal adanya upaya pihak-pihak tertentu yang berupaya "membujuk" warga untuk mau menyatakan dirinya bergabung ke Pemkot Bontang.

"Tujuan kami ke Tenggarong tak lain untuk mengetahui sikap Pemkab. Sebab jangan sampai nantinya kami yang di lapangan setengah mati bertahan, ternyata pejabat di Pemkab, malah melepaskan begitu saja. Jika sudah mendengar sendiri sikap Pemkab yang begini, tekad kami untuk mempertahankan wilayah semakin mantap," ujar Guntur, Ketua Forum Peduli Masyarakat Santan Ilir (FPMSI) yang didampingi Humasnya, Akhmad Marzuki.

Dalam kesempatan tersebut, Husni Thamrin juga menyampaikan agar para tokoh yang hadir bisa memberikan penjelasan ke warga lainnya. Mengingat belakangan ini upaya Pemkab untuk membangun Santan Ilir lewat program Gerbang Dayaku juga sudah jelas. Sejumlah proyek dalam program tersebut sudah berjalan dengan baik.

"Untuk mengatasi banjir yang dijadikan "senjata" pihak Bontang dalam meraih simpati warga, dalam waktu sesegera mungkin akan digelar "Rakorbang" kecil untuk membahas pemecahan jalan keluar atas masalah tersebut," ucap Husni Thamrin didampingi Kabag Pemerintahan, M Indra SE MM dan Kabag Pemerintahan Desa, Samuel Robert Djukuw Bsc.

Warga diminta tetap bersatu dalam menghadapi upaya pihak-pihak tertentu yang ingin memisahkan Desa Santan Ilir dari Kukar sehingga dengan begitu, para provokator tersebut tidak berkutik. "Sebab belum tentu nantinya desa pembangunannya menjadi lebih baik. Mengingat saat ini Kukar telah menunjukkan kepedulian untuk membangun daerah tersebut," kata Husni lagi yang mendapat sambutan para tokoh masyarakat tersebut. (idn)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.