KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Samarinda Sepakat Bangun Bandara Bersama Kutai Kartanegara

KutaiKartanegara.com 21/02/03
Obsesi Bupati Kukar H Syaukani HR untuk membangun sebuah bandara yang terletak diantara kota Tenggarong-Samarinda mendapat sambutan hangat dari Walikota Samarinda H Achmad Amins.

Dalam pertemuan yang berlangsung kemarin di Gedung BPD Kaltim, kedua pemimpin daerah tersebut sepakat untuk bahu-membahu bekerjasama membangun sebuah bandar udara yang levelnya setingkat dibawah bandara internasional Sepinggan, Balikpapan.

Pemkot Samarinda sebenarnya sudah cukup lama menyiapkan lahan seluas 300 ha di Kelurahan Sungai Siring (Kecamatan Samarinda Utara) untuk membangun bandara baru menggantikan bandara Temindung yang sudah tak layak digunakan. Setelah adanya kesepakatan dengan Pemkab Kukar, otomatis pembangunan bandara di Sungai Siring tersebut dibatalkan atau dengan kata lain dipindahkan ke lokasi lain yakni diantara kota Samarinda dan Tenggarong.

Menurut Syaukani, ada tiga titik lokasi yang sudah diancang-ancang untuk proyek pembangunan bandara ini. Letaknya sangat dekat dengan Samarinda maupun Tenggarong, sehingga kedua kota ini akan saling memperoleh manfaat dari pembangunan bandara tersebut.

"Yang jelas lokasi bandara berada di tengah. Kalau dari Samarinda bisa dicapai dalam waktu 15 menit dan dari Tenggarong juga 15 menit." kata Bupati Syaukani HR dengan diangguki H Achmad Amins.

Kedua pemimpin juga yakin jika proyek pembangunan bandara yang menelan biaya sekitar Rp 800 miliar akan dapat ditanggulangi dengan adanya kerjasama antar kedua daerah. "Kita punya Bank BPD yang siap membantu masalah dananya dan saya yakin Gubernur akan setuju dengan rencana ini termasuk Menteri Perhubungan RI." ungkap Syaukani.

Sementara itu, Achmad Amins menilai tawaran kerjasama Pemkab Kukar harus diprioritaskan karena dari kerjasama tersebut peluang mewujudkan sebuah fasilitas bandara baru pengganti Temindung tampak lebih kongkrit dibandingkan jika Pemkot Samarinda menunggu investor dari luar yang sampai hari ini belum jelas keberadaannya. Dengan dibatalkannya lahan proyek bandara di Sungai Siring, Amins mengatakan ada 2 alternatif pemanfaatan lahan tersebut yakni untuk pembangunan Kampus Universitas Mulawarman atau pembangunan fasilitas kegiatan PON XVII 2008. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.