KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Kisah Kehidupan Sultan Kutai Dibukukan

KutaiKartanegara.com 20/10/03 21:26 WITA
Sebuah buku yang mengisahkan pribadi Sultan Kutai Kartanegara ing Martadipura H Adji Mohamad Salehoeddin II akan segera diluncurkan pada pertengahan bulan Ramadhan yang akan datang.

Buku berjudul Pangeran Praboe, Sultan Kutai dan Kehidupannya ini dikarang oleh tokoh pemuda Kaltim, Muhammad Amir P Ali yang saat ini menjabat sebagai Ketua KNPI Kaltim periode 2001-2004.

Direncanakan buku yang dikemas dalam bentuk buku saku setebal 141 halaman ini akan diluncurkan ke tengah masyarakat pertengahan Bulan suci Ramadhan mendatang di Tenggarong.

Buku yang dikemas dalam bentuk buku saku setebal 141 halaman ini terdiri dari 10 Bab dimana pada bab pertama hingga ketiga bertutur tentang sejarah kejayaan Kerajaan Kutai yang merupakan kerajaan tertua di Indonesia.

Memasuki Bab 4 hingga 8, buku ini menceritakan sisi kehidupan sang Sultan Kutai beserta keluarganya. Banyak hal menarik yang belum banyak diketahui masyarakat tentang kehidupan sang Sultan terutama pada Bab 6 dan 7. Pada Bab 6 misalnya, diceritakan bahwa bangunan bekas istana kesultanan yang difungsikan sebagai Museum Mulawarman saat ini merupakan saksi bisu sejarah.

"Terus terang, saya sedikit trauma bila berlama-lama berada di Museum Mulawarman Tenggarong ini. Soalnya terkenang akan masa lalu dimana Ayahanda (Sultan AM Parikesit) masih hidup, kejayaan masih dalam genggaman dan di bangunan itu pula kehancuran diterima oleh kerabat kesultanan. Jadi terus terang, saya merasa getir memasuki museum," tutur Sultan HAM Salehoeddin II dalam buku tersebut.

Sementara pada Bab 7 yang berjudul Penderitaan Hidup disebutkan bahwa Pangeran Praboe sepeninggal ayahandanya AM Parikesit, ternyata bukan saja istananya yang diambil paksa, namun juga harta benda dan kekuasaannya mutlak diberangus.

Kegetiran lain disampaikan oleh anak Sultan Kutai yakni Aji Ali Zain dalam buku tersebut. Menurut Aji Ali Zain, para keturunan Sultan harus mencari nafkah dengan perjuangan, tidak bisa lagi hidup dengan upeti ataupun royalty. Pada bab ini tampaknya merupakan rangkuman dari judul yang diberikan pada buku ini yaitu Pangeran Praboe, Sultan Kutai dan Kehidupannya.

Sedang pada bab-bab terakhir terutama pada Bab 9 dan 10, penulis M Amir P Ali mengangkat tulisan mengenai pelaksanaan Erau sebagai upacara adat Kesultanan Kutai Kartanegara dan even skala nasional yang pernah dilaksanakan yakni Festival Keraton Nusantara III.

Pada bagian akhir dari buku mungil ini juga dilengkapi dengan kumpulan foto-foto tentang Kesultanan Kutai Kartanegara dan kegiatan Erau Adat Kutai yang semuanya berjumlah 25 foto, baik hitam putih maupun berwarna.

Pada lampiran yang ada pada halaman 105 hingga 136, dapat dijumpai hal-hal yang cukup penting untuk diketahui pembaca terutama bagi mereka yang ingin mengetahui Kesultanan Kutai lebih mendalam, seperti Silsilah Sultan Kutai Kartanegara, gelar kebangsawanan, benda-benda peninggalan budaya milik Kesultanan serta Undang-Undang Dasar Kesultanan Kutai Kartanegara yang disebut dengan Panji Selaten.

Sebagai bahan referensi untuk memahami dan mengenal seni budaya dan Kesultanan Kutai, buku yang dicetak Bio Pustaka Yogyakarta ini menarik untuk dimiliki.

Menurut Editor buku ini, Drs Abidinsyah Kadrie MM, buku ini penting untuk dimiliki setiap warga Kukar. Untuk itu pihaknya akan mendistribusikan buku ini ke seluruh kecamatan yang berjumlah 18 Kecamatan di Kukar.

"Kita harapkan setiap Kecamatan mendapatkan paling tidak 20 eksemplar buku ini. Dan bila masyarakat ingin memiliki buku ini bisa membelinya di toko-toko buku di Samarinda maupun Tenggarong," ujar Abidinsyah Kadrie. (joe/win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.