KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

DPRD Surabaya Studi Banding ke Kukar

KutaiKartanegara.com 19/06/03 13:20 WITA
Tim Komisi A DPRD Kota Surabaya kemarin berkunjung ke Tenggarong untuk melakukan studi banding mengenai perizinan kesehatan dan retribusi pelayanan kesehatan. Rombongan DPRD Surabaya tersebut diterima Kabag Pemerintahan Kukar M Indra SE MM didampingi anggota Komisi E DPRD Kukar, Harry Budi Utomo, di Hotel Lesong Batu Tenggarong.

Dalam kesempatan tersebut, Indra mengungkapkan berbagai program pembangunan di Kabupaten Kutai Kartanegara yang termaktub dalam Gerakan Pengembangan dan Pemberdayaan Kutai (Gerbang Dayaku). Dikatakan Indra, konsep pembangunan ini berbasis pada pemberdayaan semua komponen yakni  masyarakat, eksekutif, legislatif dan pihak swasta.

Ia menambahkan, pelaksanaan program pembangunan ini berlangsung cepat berkat otonomi daerah dan dana perimbangan keuangan antara pusat dan daerah. Indra kemudian menguraikan berbagai implementasi dari program Gerbang Dayaku, antara lain, pembebasan SPP mulai dari SD hingga SLTA, beasiswa kepada mahasiswa perguruan tinggi serta dana santunan bagi warga masyarakat yang kurang beruntung dan para veteran.

Indra juga menjelaskan kepada rombongan asal Surabaya tersebut bahwa Kukar saat ini sedang giat-giatnya membangun berbagai infrastruktur pariwisata untuk mewujudkan Kukar sebagai daerah pariwisata. Fasilitas pendukung pariwisata yang telah rampung diantaranya planetarium, kereta gantung, sky tower dan obyek wisaa pulau Kumala yang masih dalam tahap pengerjaan.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kukar, dr Said Suharmani dan Direktur RS AM Parikesit, dr Ali Hidar MKes menguraikan perkembangan perijinan dan fasilitas kesehatan yang ada di Kukar. "Pada dasarnya, perhatian pemkab terhadap kesehatan cukup tinggi. Ini ditandai dengan akan dibangunnya rumah sakit dan fasilitas pendukung berupa kendaraan diberbagai puskesmas," jelasnya.

Sementara itu, H Abd Wahid Harianto, ketua rombongan dari Komisi A DPRD Kota Surabaya mengungkapkan tujuan kedatangan mereka ke Kukar untuk studi banding.

"Yang intinya, kami ingin mendapatkan perbandingan dalam perijinan dan penarikan retribusi pelayanan kesehatan antara Kota Surabaya dan Kukar," ujar Wahid yang juga Ketua pansus raperda kesehatan DPRD Kota Surabaya.

Ia juga mengatakan, dengan studi banding ini diharapkan juga akan terjalin kerjasama antar kota, baik itu Tenggarong dan Surabaya. Diakhir kesempatan pertemuan, Pemkab Kukar memberikan cinderamata kepada perwakilan Komisi A DPRD Kukar dan begitu juga sebaliknya. (wis/win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.