KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Rabu 23 April, Mutasi Pejabat Pemkab Kukar

KutaiKartanegara.com 19/04/03
Meskipun agak terlambat, namun gerbong mutasi di jajaran Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) tetap berjalan. Perlahan namun pasti, menurut Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM, mutasi dilaksanakan 23 April mendatang. Saat ini nama-nama yang akan dimutasi sudah tersusun. Mutasi itu, disebutkannya dengan maksud untuk penyegaran aparat agar bekerja lebih baik menghadapi tantangan tahun 2003 dan masa mendatang yang jauh lebih berat dari sebelumnya.

"Mutasi itu mengedepankan azas profesionalitas. Bagi yang tidak profesional di bidangnya, perlu legowo posisinya digantikan orang lain yang lebih mampu. Mungkin orang itu memang tidak cocok di tempat itu dan akan kami carikan tempat baru yang lebih cocok," kata Syaukani kepada Kaltim Post saat berada di Pulau Kumala Kamis malam (17/04) usai penutupan seminar nasional Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Se-Indonesia (Apkasi).

Rencana mutasi besar-besaran terhadap ratusan pejabat baik asisten, kepala dinas-badan, kepala bagian dan sub bagian itu sebenarnya sudah beberapa bulan lalu disampaikan Syaukani. Bahkan pada sebuah pertemuan di Hotel Singgasana Tangga Arung beberapa bulan lalu, Syaukani secara blak-blakan menyampaikan di hadapan bawahannya. Ia juga pernah mengatakan, bahwa dalam melakukan mutasi, pihaknya sudah mendengarkan aspirasi dari para kepala desa pada pertemuan di Gedung Putri Karang Melenu (PKM) beberapa bulan lalu.

Sambil berjalan menuju Kapal Wisata yang akan membawanya bersama rombongan ke Tenggarong malam itu, Syaukani menjelaskan, alasan mendasar sehingga mutasi mendesak dilakukan. Program Gerakan Pengembangan dan Pemberdayaan Kutai (Gerbang Dayaku), katanya, memerlukan aparat yang unggul dan mempunyai nilai lebih. Maksudnya, aparat dimaksud harus profesional di bidangnya, proaktif, kreatif dan tidak 'melempem'. Aparat yang hanya menunggu perintah atasan dan tidak mampu menyampaikan usulan-usulan yang konstruktif, bukan saatnya lagi dipertahankan.

"Bagi yang tidak bisa mengimbangi kerja sesuai dengan program, dan tidak searah dengan visi dan misi Gerbang Dayaku, sebaiknya rela minggir," tegasnya.

Sementara itu Asisten III Sekkab Ir HM Yusuf AS mengatakan, Bupati sangat arif dan bijaksana dalam hal penempatan personil aparat pada mutasi kali ini dengan tidak meninggalkan azas profesionalitas. Yusuf juga menambahkan, sepengetahuannya mutasi itu juga termasuk para camat di lingkungan Pemkab Kukar. "Kita tunggu saja siapa-siapa yang akan dimutasi nanti. Yang jelas itu demi perbaikan kinerja," ujar Yusuf. (oi)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.