KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Tim Gabungan Turunkan Bendera dan Atribut Parpol



Suasana penurunan bendera parpol didepan Gedung DPRD Kukar tadi pagi

Photo: Agri

KutaiKartanegara.com 17/12/03 17:05 WITA
Sebuah tim gabungan yang terdiri dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kutai Kartanegara (Kukar), Polres Kutai, Satpol PP, Kodim 0906 Tenggarong serta Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Linmas) Kukar tadi pagi turun ke lapangan untuk menertibkan bendera dan atribut parpol yang masih berkibar di wilayah Tenggarong dan sekitarnya. Tindakan serupa juga dilakukan secara serentak di seluruh wilayah kecamatan se-Kukar oleh Panwascam dibantu aparat keamanan setempat.

"Penurunan bendera dan atribut parpol ini merupakan realisasi kesepakatan batas akhir dari Panwaslu dengan masing-masing pengurus parpol di Kukar untuk menurunkan bendera dan atribut parpolnya. Namun hingga deadline yang jatuh pada dinihari tadi ternyata masih ada bendera dan atribut parpol yang berdiri tegak, sehingga membuat kami menurunkan tim penertiban yang terdiri dari unsur Panwaslu, Polres Kutai, Kodim 0906 dan Satpol PP serta dari Badan Kesbang Linmas Kukar," ujar Iptu Pol Maringan Debataraja di Sekretariat Panwaslu usai berkeliling Tenggarong memantau pelaksanaan penertiban.

Untuk menertibkan bendera dan atribut parpol di wilayah Tenggarong dan sekitarnya tadi pagi, tim yang dipimpin Iptu Pol Maringan Debataraja dan Drs M Ikhsan Alfisah Siregar ini dibagi menjadi 4 kelompok yang kemudian disebar ke 9 titik yakni Kelurahan Mangkurawang, Kampung Baru, Sukarame, Panji, Loa Ipuh, Melayu, Timbau, Bukit Biru dan Pulau Kumala.


Beberapa bendera dan atribut parpol yang telah diamankan pihak tim penertiban

Photo: Agri


Seorang petugas Panwaslu Kukar mengumpulkan puluhan bendera dan atribut parpol yang berhasil ditertibkan
Photo: Agri

Dengan menggunakan 8 kendaraan roda empat, 4 kelompok ini berpencar menuju lokasi-lokasi yang menjadi sasaran. Begitu ditemui masih ada bendera dan atribut parpol yang berkibar di beberapa titik, para anggota tim penertiban segera menurunkan bendera atau atribut parpol tersebut.

Dikatakan Iptu Pol Maringan Debataraja, dalam pelaksanaan penertiban tadi siang tidak ditemui kendala yang berarti, bahkan ada anggota parpol yang membantu pihaknya menurunkan atributnya.

"Namun bendera atau atribut parpol yang terpasang di puncak-puncak pohon dan diatas bukit untuk sementara kami tangguhkan dulu penurunannya sampai dengan sarana dan tenaga untuk menurunkan itu sudah siap dan tersedia," kata Iptu Pol Maringan Debataraja.

Maringan berharap dalam waktu sepekan ini semua bendera dan atribut parpol sudah tidak nampak lagi di tempat-tempat umum kecuali yang pada kantor atau sekretariat parpol yang bersangkutan.

Berdasarkan pemantauan KutaiKartanegara.com, sebagian besar kota Tenggarong  telah bersih dari ratusan bendera dan atribut parpol setelah turunnya tim penertiban ini. Kampung Tanjung yang tadi pagi masih marak dengan bendera-bendera parpol dalam beraneka ukuran kini telah bersih, begitu pula sepanjang jalan-jalan protokol dalam kota Tenggarong. Bahkan Pulau Kumala yang sebelumnya marak dengan bendera salah satu parpol, kini hampir bebas 100% setelah kemarin petang simpatisan parpol tersebut menurunkan sendiri bendera-bendera itu. Hanya satu bendera yang ditinggalkan dan menjadi PR tim Panwaslu, karena terpasang di puncak sebuah pohon dan cukup sulit untuk diturunkan. (win/joe)


Para petugas cukup kerepotan saat menurunkan bendera-bendera parpol yang dipasang di puncak pohon
Photo: Agri

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.