KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Minat Baca Tulis Pelajar Kukar Masih Rendah?

KutaiKartanegara.com 15/12/03 21:45 WITA
Dari kegiatan Road Show Goes To School and Campus (GTSC) 2003 yang digelar oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Tenggarong beberapa waktu lalu tergambar bagaimana rendahnya minat membaca dan menulis di kalangan pelajar kota Tenggarong.

Menurut Hanafi yang juga Sekretaris FLP Cabang Tenggarong, hal tersebut dapat dilihat dari sepinya perpustakaan-perpustakaan sekolah di kota Tenggarong. Selebihnya, waktu luang pelajar di luar sekolah lebih banyak digunakan mereka untuk menonton TV, main playstation, nongkrong di jalan, kebut-kebutan serta kegiatan-kegiatan lainnya yang malah berdampak yang tidak baik bagi mereka.

"Kejemuan pelajar juga terletak pada kegiatan-kegiatan sekolah yang hanya terus mengejar kurikulum tanpa ada kegiatan-kegiatan yang variatif dengan melibatkan langsung pelajarnya. Pelajar juga lebih hafal dengan judul-judul sinetron TV daripada judul-judul buku yang ada di perpustakaan," ujar Hanafi.

Menurut Hanafi, rutinitas perpustakaan yang tidak ada pembaharuan juga menjadi tolak ukur mengapa mereka enggan masuk dan membaca buku. Koleksinya yang itu-itu saja dan banyak buku yang kondisinya sudah tak layak juga menurunkan minat mereka untuk betah berlama-lama di perpustakaan.

Ditambahkannya, GTSC sebagai salah satu kegiatan rutin FLP Cabang Tenggarong berusaha mendekatkan kembali pelajar dengan buku serta meningkatkan minat mereka dibidang tulis menulis. Dan sambutan yang antusias selalu mengiringi kegiatan ini, dengan menformat kunjungan dengan pelatihan berbasis entertainment. Kegiatan tersebut selalu diselingi dengan pentas seni, dengan menampilkan SDM-SDM FLP di bidang teater, baca puisi serta seni suara.

"Kegiatan itu akan terus berlanjut pada tahun 2004 dengan target akan melakukan kunjungan ke seluruh sekolah di kota Tenggarong. Bahkan kalau ada dana, kami akan melakukan kegiatan serupa ke seluruh kecamatan di wilayah Kukar," kata Hanafi.

Menurut Hanafi, pada tahun 2004 mendatang FLP akan bekerjasama dengan berbagai pihak guna mensosialisasikan FLP kepada masyarakat, serta akan mengadakan berbagai kegiatan pelatihan. Dan untuk meningkatkan minat baca tulis, FLP yang aktif melakukan kajian-kajian penulisan serta bedah buku akan mencoba sosialisasi ke tingkat bawah yaitu Sekolah Dasar dengan menggelar FLP Kids yang bertujuan untuk mendekatkan palajar dengan aktifitas membaca dan menulis sejak dini.

Hanafi juga menyambut baik upaya Pemkab yang akan melakukan terobosan yaitu perpustakaan keliling. Menurutnya, perpustakaan keliling tersebut patut segera direalisasikan dan dikelola dengan serius dan cakupannya juga harus lebih luas, melihat kondisi Kukar yang mencakup 18 kecamatan. "Perpustakaan merupakan media yang paling berpotensi untuk melakukan peningkatan, harus bias maksimal difungsikan. Jangan sampai daerah kita seperti istilah yang dikatakan oleh Taufik Ismail, Buta Membaca dan Lumpuh Menulis," demikian kata Hanafi. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.