KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

P4B di Kukar Rampung

KutaiKartanegara.com 13/06/03
Jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah penduduk Kutai Kartanegara (Kukar) tahun ini mengalami peningkatan yang relatif kecil. Hasil Pendaftaran Pemilih dan Pendataan Penduduk Berkelanjutan (P4B) menunjukkan jumlah penduduk Kukar kini mencapai 473.016 orang, meningkat dari tahun lalu yang berjumlah 434.759 orang.

Data itu menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kukar Budijono Z SE akan disampaikan ke BPS Provinsi untuk diteruskan ke BPS Pusat bersama data dari kabupaten-kota lainnya di Kaltim. Nantinya BPS Pusat akan menyampaikan rekapitulasi data tersebut ke daerah.

"Dari hasil pendataan yang kami lakukan memang begitu hasilnya. Pada prinsipnya pendataan sudah selesai 100 persen, kini sedang dilakukan editing data," ujarnya.

Budijono menjelaskan, jika mengacu pada jadwal yang ada, kegiatan P4B sudah berakhir 11 Juni 2003 lalu. Namun, proses finalnya sampai rekapitulasi data, baru akan selesai total akhir Desember 2003 nanti. Ia kemudian menyebutkan tahap lanjutan P4B berikut alokasi waktunya. Pengolahan jumlah penduduk dan pemilih sementara yang dilaksanakan minggu kedua Juni 2003, kemudian pengiriman daftar data sementara ke desa-kelurahan untuk minta tanggapan masyarakat sebagai upaya pencocokan.

Selanjutnya, ada proses pencocokan dan penelitian oleh masyarakat atas data sementara dengan waktu minggu pertama dan kedua November. Kemudian, memeriksa ulang data dari hasil pencocokan dan penelitian yang dilakukan di pusat pengolahan data, dengan alokasi waktu minggu pertama dan kedua Desember 2003.

"Tahapan terakhir keluarnya daftar tetap dengan alokasi waktu akhir Desember 2003. Jadi, akhir tahun nanti semuanya beres," kata Budijono.

Ia mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat terhadap pelaksanaan P4B sehingga dihasilkan data yang akurat. Sebab, tak hanya warga di perkotaan yang memberikan dukungan, dari pengalaman para petugas pendaftaran lapangan (PDL) diketahui dukungan juga dari masyarakat di pedalaman. "Kepada semua pihak yang telah membantu P4B kami ucapkan terima kasih," ujarnya. (oi)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.