KutaiKartanegara.com

CallWave

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Syaukani Lepas Ekspor Perdana Udang Beku

Bupati Syaukani didampingi Presdir PT SSM dan Ketua DPRD Kukar ketika memasukan kotak kemasan udang beku kedalam kontainer
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 11/03/03
PT Syam Surya Mandiri (SSM) yang bergerak dibidang usaha pembekuan hasil perikanan (cold storage) dan sekaligus bertindak sebagai eksportir hasil perikanan terutama udang beku tadi siang melakukan ekspor perdana yang dilepas oleh Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM.

Ditandai dengan memasukan kotak kemasan udang beku ke dalam kontainer kemudian dilanjutkan pelepasan truk kontainer menuju pelabuhan Semayang Balikpapan yang berlangsung tadi siang di desa
Kampung Kajang, Sungai Meriam, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara. Ekspor perdana PT SSM ini disaksikan Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi, Muspida, pimpinan dinas/instansi, tokoh masyarakat Anggana dan karyawan PT SSM.

Menurut Presiden Direktur PT SSM, H Mangkana, Ekspor perdana ini dipersiapkan pihaknya selama tiga bulan dengan tujuan ekspor Jepang, Amerika Utara dan Eropa. Sedang kemampuan produksi setiap bulan pihaknya mampu menghasilkan 25 hingga 30 ton udang beku siap ekspor dengan kualitas prima sesuai standar nasional Indonesia (SNI) yang ditetapkan Departemen Kesehatan RI.

Ditambahkan H Mangkana sampai dengan saat ini produk cold storage PT. SSM masih dalam bentuk udang segar yang diproses menjadi udang beku, dalam waktu dekat atau sekitar dua bulan lagi kami akan melakukan ekstensifikasi atau pengembangan produk dalam bentuk yang memiliki nilai tambah tinggi misalnya cooking atau Nobasi Ebi, dan lain-lain yang semuanya bersifat makanan udang siap saji.

Untuk produk pengembangan ini diprioritaskan untuk dipasarkan di dalam negeri. "Insya Allah dalam waktu dekat produk udang siap saji hasil pengembangan ahli-ahli kami di departemen Riset dan Pengembangan PT. SSM akan dapat dinikmati masyarakat di daerah ini."

Sementara itu Bupati Kutai Kartanegara H Syaukani HR dalam sambutannya memuji kreatifitas dan inovasi yang dilakukan Presiden Direktur PT SSM, H Mangkana yang mampu meningkatkan usahanya hingga ke pasar global.

"Saya tahu betul kondisi H Mangkana ketika memulai usaha ini dari usaha keluarga yang sangat tradisional dan kemudian berkembang menjadi pengusaha bertaraf internasional. Saya mengharapkan melalui momentum ini tercipta SDM yang lebih banyak lagi dan berkualitas seperti H Mangkana (Presdir PT SSM), yang lebih inovatif dan kreatif di daerah ini." kata Syaukani.


Bupati Syaukani menggunting pita pada pelepasan truk kontainer yang berisi udang beku sebagai produk ekspor perdana ke luar negeri dari PT SSM Anggana
Photo: Joe

Menurut Syaukani banyak peluang berusaha di Kabupaten Kutai Kartanegara yang kaya akan sumber daya alam (SDA) ini. Kekayaan potensi SDA di Kukar kata Syaukani menunggu untuk dieksploitasi oleh warganya, jangan sampai SDA ini dimanfaatkan oleh orang luar dan rakyat hanya melihat saja.

Oleh sebab itu melalui program Gerbang Dayaku masyarakat dipacu untuk melakukan berbagai kegiatan secara mandiri dengan mengolah SDA sehingga dapat memberikan penghasilan bagi masyarakat. Demikian katanya.

PT SSM yang pusatnya berada di desa Kampung Kajang, Anggana ini melibatkan tenaga kerja tidak kurang 300 orang, dengan empat unit usaha yang semuanya di bidang perikanan. Selain cold storage dan ekspor udang beku juga berusaha di bidang pertambakan dengan pola tradisional dan ramah lingkungan yang sebagian besar berada di delta Mahakam dan usaha pembenihan udang (hatchery) serta penyewaan alat berat pembuatan tambak. (joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.