KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Musda Pertama Kades se-Kukar Dibuka Wabup Samsuri Aspar

KutaiKartanegara.com 08/12/03 19:50 WITA
Para Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Kutai Kartanegara sejak hari ini selama dua hari melakukan Musyawarah Daerah Pertama (Musda I) yang dibuka Wakil Bupati Kukar, Drs H Samsuri Aspar MM tadi pagi di Gedung Puteri Karang Melenu, Tenggarong Seberang.

Melalui Musda pertamanya ini, direncanakan selain akan memilih pengurus yang definitif juga menetapkan tata kerja organisasi serta merumuskan permasalahan mendasar yang dihadapi para Kades di Kukar.

Menurut Ketua Panitia pelaksana, Supriyo yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang mengatakan, Musda I ini diikuti 172 peserta terdiri dari 167 Kepala Desa dengan status desa definitif dan sisanya Kades yang desanya masih dalam persiapan.

Ditambahkannya, perubahan paradigma pemerintahan dari sentralistik ke desentralistik sesuai dengan semangat otonomi daerah ternyata memberikan inspirasi bagi para Kades di Kukar sepakat untuk menyuarakan aspirasinya.

Media yang tepat untuk penyaluran aspirasi itu salah satunya adalah membentuk Forum Komunikasi Kades ini. Oleh sebab itu kami berharap agar Musda I Forum Komunikasi Kades Kukar ini dapat berlangsung dengan tertib dan aman serta menelorkan hasil-hasil Musda yang dapat diaplikasikan demi mensejahterakan masyarakat di desa.

Sementara itu, Wakil Bupati Kukar Drs H Samsuri Aspar MM dalam sambutannya menilai, pembentukan Forum Komunikasi Kepala Desa se Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan suatu wadah yang tepat bagi para Kades. Wadah ini menurutnya dapat digunakan untuk saling bertukar informasi dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mempercepat pembangunan dimasing-masing wilayah desa.

Dikatakannya lagi, terselenggaranya Musda merupakan langkah maju yang telah ditunjukkan oleh para Kepala Desa di Kabupaten Kutai Kartanegara dalam upaya meningkatkan kinerjanya sebagai unjung tombak penyelenggara dan penanggung jawab utama di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Diharapkannya, setelah Musda ini para Kades benar-benar mampu memainkan peranannya sebagai inisiator, motivator, dinamisator dan stabilisator pembangunan dalam seluruh aspek kehidupan masyarakat.

Menurut Samsuri, selaku inisiator harus selalu berprakarsa dalam usaha pembaharuan dan pembangunan. Kades harus memiliki keberanian dalam mengambil langkah secara rasional yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kemampuan dalam menggali dan memanfaatkan seluruh sumber daya yang tersedia sangat diperlukan.

"Dan sebagai katalisator pembangunan, Kades harus mampu menyatukan potensi-potensi pembangunan dikalangan rakyat, serta memiliki kemampuan mempertemukan dan menyelaraskan kebijaksanaan pemerintah dengan harapan dan aspirasi masyarakat dalam pembangunan," demikian kata Wabup Samsuri Aspar. (joe)

Berita Sebelumnya:
Kepala Desa se-Kukar Akan Bentuk Forum Komunikasi (05/12/03)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.