KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Samarinda Sepakat Lokasi Bandara di Kukar

Bandara Kukar-Samarinda yang didesain futuristik
Grafis: Dok. KutaiKartanegara.com

KutaiKartanegara.com 07/10/03 20:12 WITA
Setelah melakukan pertemuan di Tenggarong belum lama ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) menyepakati bahwa lokasi bandara baru yang dibangun atas kerjasama kedua pemerintahan bertetangga tersebut berada di wilayah Kukar.

Walau demikian, pihak Pemkab Kukar yang diwakili Drs H Eddy Subandi MM maupun pihak Pemkot Samarinda masih merahasiakan dimana tepatnya lokasi bandara tersebut akan dibangun. Seperti yang dilansir harian Kaltim Post, Eddy Subandi mengatakan bahwa lokasi pembangunan bandara sengaja masih dirahasiakan untuk menghindari adanya spekulan tanah.

Dalam pertemuan di Hotel Singgasana Tangga Arung tersebut, pihak Samarinda dan Kukar membahas seputar kerjasama rencana pembangunan bandara yang telah disepakati Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM dengan Walikota Samarinda Drs H Achmad Amins MM beberapa waktu lalu.

Untuk tim kerjasama pembangunan bandara dalam pertemuan tersebut, pihak Samarinda diwakili HM Saili selaku Ketua dan Drs Mochdar Hasan selaku Sekretaris, sementara pihak Kukar diwakili Seskab Drs H Eddy Subandi MM selaku Ketua dan H Bachruddin Noor M Eng Sc selaku Sekretaris. Selain itu, kedua belah pihak juga dibantu dengan tim masing-masing.

Eddy Subandi menambahkan bahwa kedua belah pihak sepakat akan senantiasa berkoordinasi dalam menempuh langkah berikutnya serta dalam waktu yang tak lama lagi akan menyusun perencanaan kerja. Pemkot Samarinda diharapkan bisa memberbaiki akses jalan khususnya yang masuk wilayah Samarinda menuju ke Tenggarong guna memperlancar lalu-lintas ke arah Bandara.

Pembangunan bandara Kukar-Samarinda yang didesain futuristik ini ditargetkan rampung pada tahun 2005 nanti dan akan menelan biaya pembangunan sebesar Rp 800 miliar lebih.

Pada 4-6 tahun pertama setelah beroperasi, bandara ini diharapkan dapat menampung pesawat sekelas CN235 dengan panjang landasan 1,2 kilometer. Kemudian dalam 5-8 tahun berikutnya dapat ditingkatkan lagi sehingga mampu didarati pesawat Boeing 737 yang memerlukan landasan sepanjang 2,4 kilometer. (win/oi)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.