KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

Sabah Jajaki Kerjasama dengan Kadin Kukar

KutaiKartanegara.com 07/07/03 16:25 WITA
Geliat pembangunan yang sedang gencar-gencarnya dilakukan Kabupaten Kutai Kartanegara semenjak diberlakukannya otonomi daerah tampaknya telah menarik perhatian para pengusaha asal Sabah (Malaysia). Hal ini terlihat dari kedatangan ratusan pengusaha asal Sabah ke 'Kota Raja' Tenggarong untuk menjajaki kerjasama dan peluang investasi yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Dalam acara ramah tamah dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara yang berlangsung semalam (06/07) di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, telah dilakukan penandatanganan sebuah Letter of Intent (LoI) antara Presiden Sabah Bumiputra Chamber of Commerce (SBCC) dengan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kukar.

LoI yang berisi tiga poin kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Ketua Kadin Kukar H Setia Budi MBA dengan Presiden SBCC Datuk H Ahmad Ali bin Lope Abdul Aziz, dengan disaksikan Wakil Bupati Kukar Drs H Samsuri Aspar, Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi BcHK, Ketua KADIN Kaltim H Popo Parulian SH serta Wakil Menteri Pembangunan Perindustrian Sabah, YB Encik Samsu Baharun bin Haji Abdul Rahman.

Dalam LoI tersebut disepakati bahwa dalam upaya mengembangkan dan menggiatkan usaha yang ada di Indonesia, SBCC berniat bekerjasama dengan Kadin Kutai Kartanegara di Kabupaten Kukar. Kemudian, untuk merealisasikan kerjasama tersebut, baik SBCC maupun Kadin Kukar akan mendiskusikan alternatif kerjasama yang terbaik dan teraman.

Dan dalam mempersiapkan pelaksanaan kerjasama yang layak, kedua belah pihak sepakat untuk bersama-sama melakukan studi kelayakan guna mendapatkan masukan dan menghasilkan spesifikasi yang terbaik.

Wakil Bupati Kukar H Samsuri Aspar dalam sambutannya dihadapan para tamu asal negeri jiran tersebut berharap agar LoI bukan hanya sekedar ditandatangani, namun dapat segera ditindaklanjuti sehingga apa yang dikehendaki dapat tercapai.

Dalam kesempatan tersebut, Samsuri Aspar juga menjelaskan banyak hal mengenai program pembangunan di Kutai Kartanegara yang dirumuskan dalam Gerakan Pengembangan dan Pemberdayaan Kutai (Gerbang Dayaku).

Sementara itu, Wakil Menteri Pembangunan Perindustrian Sabah YB Encik Samsu Baharun bin H Abdul Rahman mengatakan, kedatangan rombongan pengusaha asal Sabah tersebut bukan untuk bersaing atau mendahului, namun untuk belajar atau menambah pengalaman dan pengetahuan mengenai peluang kerjasama ekonomi antara Sabah dengan Kutai Kartanegara.

"Banyak kesamaan antara Sabah dengan Kutai Kartanegara, karena kita sama-sama berada di pulau Borneo (Kalimantan) seperti ukiran suku dayak, spesies flora dan fauna serta hasil bumi," kata YB Encik Samsu Baharun.

Menurutnya, kebersamaan ini lah yang harus dieksploitasi khususnya untuk meningkatkan pariwisata antara 3 negara di pulau Kalimantan, yakni Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Bupati Kukar Drs H Syaukani HR MM yang sedianya menerima tamu asal negeri jiran Malaysia tersebut berhalangan hadir, sehingga hanya diwakili Wabup Samsuri Aspar. Tampak hadir pada malam ramah tamah tersebut, Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi BcHK, Wakil Konsulat Jenderal RI di Sabah, Ketua Kadin Kaltim, Walikota Tawao, Kepala Dinas/Instansi di lingkungan Pemkab Kukar serta ratusan pengusaha asal Sabah.

Rombongan asal Sabah tersebut terdiri dari 135 orang, kebanyakan dari mereka merupakan pengusaha yang terhimpun dalam beberapa organisasi dagang dan industri yang beroperasi di Sabah, seperti Sabah Bumiputra Chamber of Commerce (SBCC), Federation of Sabah Manufacters (FSM), Penampang Chinese Chamber of Commerce & Industry (PCCCI), Kadazandusun Chamber of Commerce & Industry (KCCI) dan Sabah United Chinese Chamber of Commerce (SUCCC). Hari ini rombongan melanjutkan perjalanan ke kota Samarinda, kemudian bertolak menuju 'Kota Minyak' Balikpapan esok harinya. (win)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.