KutaiKartanegara.com

Find:  

Arsip berita

ARSIP BERITA KUTAIKARTANEGARA.com

Affiliate with oto.co.id

Info "Odah Etam" Kutai Kartanegara

PII Kaltim Usai Laksanakan Latihan Kepemimpinan

Suasana kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan PII Kaltim di Tenggarong

Photo: Joe

KutaiKartanegara.com 06/11/03 22:02 WITA
Pelajar Islam Indonesia (PII) Kalimantan Timur selama sepekan sukses menggelar Latihan Kepemimpinan (LK) yang berlangsung di SMU Negeri 2 Tenggarong dengan diikuti pelajar dan mahasiswa baik putra maupun putri yang berasal dari Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Imam Nawawi, LK yang diikuti oleh 45 orang peserta tingkat dasar dan 20 peserta tingkat lanjutan ini bertujuan untuk membentuk dan mempersiapkan generasi muda Islam yang memiliki wawasan kepemimpinan yang didasari ketaqwaan kepada Allah SWT dan menjunjung tinggi Akhlakul Karimah. Disamping itu untuk memberikan kemampuan memimpin diri sendiri dan orang lain berdasarkan Al Qur'an dan Al Hadist.

"Materi yang diberikan dalam latihan ini diantaranya adalah tentang Keimanan, ibadah, syariah, sejarah Islam atau tarikh dan kepemimpinan dalam Islam, ditambah materi penunjang lainnya yakni peran dan tantangan generasi muda Islam, kenakalan remaja dan psikologi remaja islam," kata Imam Nawawi didampingi Sekretaris Panitia Sardiah Ulfah. Ditambahkannya, semua materi untuk tingkat Dasar dan Lanjutan tersebut disampaikan oleh Tim Instruktur dari Pengurus Wilayah PII Kaltim.

LK PII ini berakhir Selasa (04/11) dan ditutup oleh anggota Perhimpunan Keluarga Besar PII Kutai Kartanegara Johan A Hakim. Dalam sambutannya, Johan A Hakim mengharapkan agar peserta pelatihan yang telah dikualifikasikan sebagai kader PII mampu mempertahankan kekaderannya demi tegaknya citra Islam di tengah masyarakat.

Menurutnya, anggota PII masa kini perlu terus meningkatkan kualitas diri di tengah umat dan sekaligus menegakkan citra organisasi karena PII selama ini dicitrakan sebagai organisasi terlarang.

"Jangan sampai ulah oknum PII membuat organisasi ini semakin suram. Banyak tugas-tugas umat yang perlu diselesaikan baik dalam kehidupan sosial kemasyarakatan dan syiar agama," demikian katanya.

Eksistensi organisasi PII yang berazaskan Islam di era pemerintahan orde baru merupakan organisasi yang dibekukan kegiatannya oleh pemerintah pada waktu itu, karena secara tegas menolak menerima azas tunggal Pancasila sebagai satu-satunya azas organisasi.

Namun sejak bergulirnya era reformasi di tahun 1999, PII sebagai organisasi kepemudaan Islam kembali eksis. Kembalinya PII dihadapan umat Islam Indonesia ini atas inisiatif dan komitmen para aktivis PII yang banyak tersebar diberbagai daerah di Indonesia termasuk di Kaltim. (win/joe)

Free E-mail from KutaiKartanegara.com

Login Name:

Password:

Belum Terdaftar?
Daftar Sekarang Juga!

--- Depan | Tentang Kami | Pasang Iklan | Layanan | Statistik | Partner | Credit | Kontak ---

Best viewed with Microsoft Internet Explorer 5.0 or higher with 800x600 screen resolution.
Copyright © 2001, 2002 KutaiKartanegara.com - All Rights Reserved.